Wanita Pengidap Hipertensi Lebih Baik Menggunakan Obat Anti Aldosteron

Advertisement

Wanita yang didiagnosis hipertensi ada baiknya untuk mengukur kadar aldosteron, yakni hormon yang bila kadarnya terlalu tinggi dapat merusak sistem kardiovaskular. Bila kadarnya tinggi, disarankan untuk menggunakan obat yang dapat menekan hormon ini. Demikian dikatakan oleh tim ilmuwan dari Department of Medicine at the Medical College of Georgia at Augusta University.

Tim ilmuwan tersebut menyatakan bahwa kadar aldosteron yang tinggi di wanita dapat menyebabkan hipertensi, dan cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan obat yang menargetkan hormon ini. Secara rata-rata, wanita memiliki kadar aldosteron yang lebih tinggi dibanding pria, kadar hormon ini akan meningkat drastis pada kondisi obesitas dan diabetes. Terdapat banyak bukti yang mengarah kepada aldosteron sebagai penyebab hipertensi pada wanita.

Obat yang selama ini dikenal dapat menghambat aldosteron adalah spironolakton. Obat lainnya yang juga bersifat sama adalah golongan ACE inhibitor, misalnya kaptopril dan lisinopril. Tidak seperti spironolakton, obat golongan ACE inhibitor ini tidak secara langsung menghambat aldosteron, namun melalui penghambatan enzim yang mengubah angiotensin menjadi angiotensin II pada jalur RAAS (renin-angiotensin-aldosterone system).

Referensi:

Baker, T., n.d. Hypertensive women may benefit most from drugs that target hormone aldosterone – Jagwire.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *