Tips Tetap Bugar Saat Kerja Shift Malam

Advertisement

Shift malam merupakan tugas yang berat bagi sebagian karyawan, apalagi bila belum terbiasa melakukan shift malam. Para karyawan baru yang terkena shift malam biasanya akan merasakan efek psikologis seperti tertekan, sering sakit-sakitan, dan emosi tidak stabil. Hal ini perlu disikapi secara serius agar tidak mengganggu kinerja karyawan ke depannya. Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan karyawan yang menjalani shift malam agar selalu fit dan bugar:

Atur Jam Tubuh Anda

Mengubah kebiasaaan kerja dari umumnya jam 8 pagi hingga jam 5 sore menjadi jam 8 malam hingga jam 5 pagi tentunya akan terasa berat, apalagi bila tidak ada persiapan secara fisik dan mental. Oleh karena itu pengaturan jam tubuh perlu dilakukan. Sebelum melakukan shift malam bagi karyawan yang pertama kali melakukannya, ada baiknya untuk latihan dengan berjaga sepanjang malam dan tidur pada pagi harinya beberapa hari sebelum kerja shift. Hal ini akan membiasakan tubuh dan mengatur jam tubuh agar terbiasa dengan kerja shift malam.

Makan Makanan Ringan (Snack)

Memakan makanan ringan dalam interval waktu tertentu dapat membantu agar tidak mengantuk, dan menjaga proses metabolisme tubuh untuk bekerja sepanjang malam. Hal ini disebabkan karena tubuh akan terus bekerja mencerna makanan. Beberapa makanan ringan yang disarankan antara lain buah-buahan, khususnya pisang. Pisang mengandung banyak kalium yang membantu tubuh agar tetap prima. Roti yang diberi selai kacang juga bagus untuk menjaga tubuh tetap bugar karena makanan ini mengandung jenis protein yang dimetabolisme lebih lambat oleh tubuh.

Jangan Lupa Minum

Air adalah komponen penting yang Anda perlukan saat kerja shift malam. Walaupun Anda tidak melakukan pekerjaan berat, tubuh Anda tetap kehilangan air dalam jumlah kecil. Bila kebutuhan air tidak dipenuhi, dehidrasi dapat terjadi. Efek dehidrasi salah satunya adalah kehilangan fokus ketika bekerja. Jadi sempatkan minum air bila Anda melakukan shift malam.

Minum Minuman Berkafein

Kafein merupakan zat stimulan, dapat membantu tubuh agar tetap prima. Kafein dapat diperoleh dari kopi atau teh. Namun perlu diperhatikan waktu minum kafein yang tepat. Minum kafein di akhir jam kerja shift malam Anda malah akan membuat Anda tidak bisa tidur saat di rumah, jadi sebaiknya minum kafein di awal atau di tengah waktu kerja shift malam Anda.

Berbincang dengan Teman Kerja

Bila dibandingkan dengan shift pagi, kerja di shift malam lebih tenang dan lebih sedikit pekerjaan yang dilakukan. Berbincang dengan teman kerja tidak hanya positif secara mental, selain itu juga dapat membantu supaya jam kerja cepat berlalu.

 

Referensi:

https://www.nursingtimes.net/student-nt/the-first-time-surviving-the-night-shift/5027663.article
http://lifeinthefastlane.com/top-10-tips-surviving-nightshift/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *