Tiplaxtinin: Obat Baru Pencegah Stroke dan Serangan Jantung

Advertisement

Menurut data American Heart Association, sekitar 2.200 orang di Amerika Serikat meninggal setiap hari akibat serangan jantung, stroke, dan penyakit pada pembuluh darah lainnya. Penyebab kematian tersering adalah karena tersumbatnya pembuluh darah sehingga pasokan oksigen dan nutrisi ke jantung dan otak terhambat. Penelitian terbaru dari Universitas Missouri di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sebuah obat penghambat protein dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Hal ini menjadi peluang untuk mencegah serangan jantung, stroke, dan penyakit lain yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Pembuluh darah arteri dapat dianalogikan sebagai selang yang hidup, dapat menyempit dan membesar untuk mengatur aliran darah menuju organ dan otot. Pengaturan ini dilakukan oleh otot halus di pembuluh darah arteri dengan cara menegang dan merelaksasi. Ketika radang/inflamasi akut terjadi di pembuluh darah, umumnya akibat respon terhadap diabetes, kolesterol tinggi, dan rokok, sel otot polos di arteri mengalami perubahan perilaku. Sel otot ini akan menumpuk di dalam dinding arteri dan menyempitkan pembuluh darah.

Senyawa plasminogen activator inhibitor-1 (PAI-1) merupakan sejenis protein yang terdapat secara alami di dalam pembuluh darah yang mengendalikan migrasi/perpindahan sel. Pada penyakit diabetes dan kegemukan, PAI-1 akan mengumpul di pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan sumbatan pembuluh darah.

Obat baru yang diteliti, yakni PAI-039, atau dinamakan juga Tiplaxtinin, selama ini belum pernah digunakan pada manusia. Tim ilmuwan menemukan bahwa PAI-039 menghambat migrasi sel otot polos arteri koroner manusia secara percobaan in vitro, dan menghambat pembentukan sumbatan arteri pada tikus. Ilmuwan juga menemukan bahwa dengan menghambat PAI-1 ternyata darah juga akan menjadi lebih encer, hal ini akan mencegah penggumpalan darah pemacu serangan jantung dan stroke.

Referensi:

Yan Ji, Zhen Weng, Philip Fish, Neha Goyal, Mao Luo, Samantha P. Myears, Tammy L. Strawn, Bysani Chandrasekar, Jianbo Wu, William P. Fay. Pharmacological Targeting of Plasminogen Activator Inhibitor-1 Decreases Vascular Smooth Muscle Cell Migration and Neointima FormationHighlights. Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology, 2016; 36 (11): 2167 DOI: 10.1161/ATVBAHA.116.308344

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *