Tidur Terlalu Malam Meningkatkan Risiko Kematian Dini

Apakah anda termasuk orang yang sering tidur larut malam dan susah bangun pada pagi hari? Bila iya, sebaiknya anda ubah kebiasaan ini pasalnya menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Northwestern Medicine dan University of Surrey di Inggris, orang yang tidur terlalu malam berisiko lebih besar terkena berbagai masalah kesehatan bahkan kematian dini.

Penelitian ini melibatkan hampir 500 ribu peserta dari UK Biobank Study, dan menemukan bahwa orang yang terbiasa tidur larut malam 10% lebih besar peluangnya untuk meninggal lebih awal dibandingkan orang yang tidurnya lebih awal dan bangun lebih pagi. Beberapa penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa tidur larut malam menyebabkan gangguan metabolik dan penyakit kardiovaskular.

Diduga bahwa orang yang tidurnya lebih malam, dan bangun siang memiliki ketidaksesuaian pada jam biologisnya. Hal ini berupa stres psikologis, waktu makan yang tidak sesuai dengan jam tubuhnya, tidak cukup olahraga, sering bangun di tengah waktu tidur, dan menggunakan obat penenang atau alkohol. Tim ilmuwan menemukan pula bahwa orang-orang ini lebih banyak terkena diabetes, gangguan psikologis, dan gangguan saraf. Guna mengatasi hal ini, tim ilmuwan menyarankan agar kita mengubah kebiasaan agar tidur lebih awal dan bangun lebih pagi.

Referensi:

Kristen L. Knutson, Malcolm von Schantz. Associations between chronotype, morbidity and mortality in the UK Biobank cohortChronobiology International, 2018; 1 DOI: 10.1080/07420528.2018.1454458

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *