Tidak Hanya Kalori, Ternyata Jenis Gula Mempengaruhi Kesehatan

Advertisement

Jenis gula yang Anda konsumsi, bukan hanya hitungan kalori, ternyata mempengaruhi risiko terhadap kesehatan. Kesimpulan ini disampaikan oleh penelitian baru yang membandingkan efek dua jenis gula terhadap fungsi metabolik dan vaskuler. Hasilnya diterbitkan di American Journal of Physiology — Heart and Circulatory Physiology.

Pada penelitian ini tim ilmuwan memberikan kepada tikus pecobaan larutan berisi glukosa (jenis gula yang ditemukan di tubuh sebagai hasil pemecahan karbohidrat) dan fruktosa (jenis gula yang ditemukan di buah-buahan). Tikus diberi dua jenis larutan gula ini selama 8 minggu, menurut perhitungan tim ilmuwan hal ini ekivalen dengan manusia yang memakan sejumlah besar gula selama 6 tahun. Tikus yang diberi asupan gula kemudian dibandingkan dengan tikus di kelompok kontrol yang tidak diberi gula.

Ditemukan bahwa walaupun kedua kelompok tikus yang diberi asupan gula mengkonsumsi kalori yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol, asupan kalori total kelompok tikus yang diberi glukosa ternyata lebih tinggi dibandingkan kelompok tikus yang diberi fruktosa. Hasil mengejutkan lainnya adalah kelompok tikus yang diberi fruktosa bertambah berat badannya secara signifikan. Selain itu kelompok tikus yang diberi fruktosa juga menunjukkan lebih banyaknya penanda penyakit pada pembuluh darah dan kerusakan hati dibandingkan kelompok tikus yang diberi glukosa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah kalori yang dikonsumsi bukan merupakan satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan, jenis gula yang dikonsumsi juga berperan penting.

Referensi:

Gemma Sangüesa, dkk. TYPE OF SUPPLEMENTED SIMPLE SUGAR, NOT MERELY CALORIE INTAKE, DETERMINES ADVERSE EFFECTS ON METABOLISM AND AORTIC FUNCTION IN FEMALE RATS. American Journal of Physiology – Heart and Circulatory Physiology, 2016; ajpheart.00339.2016 DOI: 10.1152/ajpheart.00339.2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *