Ternyata Inilah Manfaat Usus Buntu

Advertisement

Usus buntu merupakan bagian dari usus, namun karena ujungnya tidak sampai ke anus maka dinamakan usus buntu. Nama lain usus buntu adalah umbai cacing. Mamalia, burung, dan beberapa jenis reptil memiliki usus buntu.

Usus buntu manusia selama ini punya reputasi yang kurang baik dan cenderung mengalami radang (apendisitis), bahkan seringkali dibuang melalui prosedur pembedahan. Meskipun selama ini dianggap sebagai organ yang kurang berguna, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa usus buntu ternyata punya manfaat yang penting bagi manusia. Usus buntu ternyata menjadi rumah bagi bakteri baik di usus.

Para ilmuwan meneliti berbagai spesies mamalia dan menarik kesimpulan bahwa organ ini berperan untuk tujuan adaptasi terhadap lingkungan. Spesies yang memiliki usus buntu memiliki lebih banyak jaringan limfoid di sekum. Hasil ini mengisyaratkan bahwa usus buntu juga memiliki manfaat sebagai organ kekebalan tubuh sekunder. Jaringan limfatik dapat pula merangsang pertumbuhan beberapa jenis bakteri baik di usus. Hal ini menunjukkan bahwa usus buntu menyediakan perlindungan bagi bakteri baik.

Referensi:

Heather F. Smith, William Parker, Sanet H. Kotzé, Michel Laurin. Morphological evolution of the mammalian cecum and cecal appendix. Comptes Rendus Palevol, 2017; 16 (1): 39 DOI: 10.1016/j.crpv.2016.06.001

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *