Ternyata Ini Penyebab Kanker Payudara Menjadi Kebal Obat

Advertisement

Sel kanker payudara merupakan jenis sel yang adaptif dan responsif, serta selalu berupaya untuk mengelak dari obat-obatan yang ditujukan menghambat pertumbuhannya. Penelitian terbaru mengungkapkan mekanisme resistensi obat serta merekomendasikan kombinasi obat yang dapat digunakan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker dan mencegah resistensi.

Pada sebuah artikel yang dimuat di jurnal Cancer Discovery, tim ilmuwan dari UNC Lineberger Comprehensive Cancer Center melaporkan mekanisme bagaimana cara sel kanker triple negative breast cancer (TNBC) dapat kebal dengan obat yang dinamakan Trametinib. Obat ini adalah obat kemoterapi yang tergolong kelas inhibitor kinase. Tim ilmuwan juga melaporkan temuan baru bagaimana cara mencegah resistensi terhadap obat ini.

Tim ilmuwan menggunakan teknologi sekuens genetik untuk mengungkap bagaimana sel kanker TNBC menjadi kebal obat. Obat kemoterapi seperti Trametinib dirancang untuk menghambat jalur sinyal khusus yang over aktif atau abnormal pada kanker. Namun sel kanker dapat mengubah ekspresi gen pada jalur protein alternatif guna menyusup jalur yang telah dihambat oleh obat. Hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker menjadi tidak terkendali lagi.

Secara khusus, sel kanker payudara ini memanfaatkan molekul BRD4 guna menghambat kerja obat kemoterapi inhibitor kinase. Tim ilmuwan menyatakan bahwa dengan mengkombinasikan obat anti BRD4 dengan Trametinib maka sel kanker akan berhenti berkembang dan resistensi obat bisa berkurang. Diharapkan kombinasi kedua obat ini bisa dimanfaatkan ke depannya untuk terapi standar kanker payudara TNBC, tentunya dengan penelitian yang cermat sebelumnya.

Referensi:

Zawistowski, Jon S, dkk. Enhancer Remodeling During Adaptive Bypass to MEK Inhibition Is Attenuated by Pharmacological Targeting of the P-TEFb Complex. Cancer Discovery, 2017; CD-16-0653 DOI: 10.1158/2159-8290.CD-16-0653

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *