Terlalu Banyak Jogging Ternyata Memperpendek Usia

Advertisement

Jogging ringan mungkin salah satu metode yang baik untuk panjang umur, namun bila melakukannya terlalu keras malah dapat merusak hati, menurut sebuah penelitian baru di Denmark yang meneliti kebiasaan jogging lebih dari 1.100 orang sehat. Penelitian yang berlangsung selama 12 tahun ini menyimpulkan bahwa durasi jogging antara 1 hingga 2.4 jam per minggu adalah bentuk jogging yang paling sehat.

Jadwal terbaik untuk jogging adalah tidak lebih dari 3 kali seminggu. Secara keseluruhan, orang yang menjalani jogging dengan kecepatan lambat atau sedang, secara signifikan memiliki angka kematian yang lebih rendah daripada yang melakukan jogging dengan cepat. Dibuktikan pula bahwa orang yang melakukan jogging dengan cepat memiliki angka kematian yang sama dengan orang yang tidak melakukan jogging sama sekali. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology.

Peneliti menemukan bahwa orang yang melakukan jogging memiliki angka kematian yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan jogging. Tercatat sebanyak 28 kematian terjadi pada kelompok orang yang melakukan jogging dibandingkan dengan 128 kematian pada kelompok orang yang tidak melakukan jogging. Secara umum, orang-orang yang melakukan jogging berumur lebih muda, memiliki tekanan darah dan indeks massa tubuh yang lebih rendah.

“Sangat penting untuk menekankan bahwa lari dengan lambat akan membuat tubuh bekerja keras, sedangkan lari lebih cepat bisa membuat tubuh bekerja lebih keras lagi”, kata Dr Peter Schnohr dari RS Frederiksberg Hospital di Kopenhagen. “Ketika dilakukan selama beberapa dekade, tingkat aktivitas (tinggi) ini bisa menimbulkan risiko kesehatan, terutama untuk sistem kardiovaskular.” Para peneliti melakukan penelitian ini didasarkan pada studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa olah raga berat ternyata lebih merugikan daripada menguntungkan.

“Kurva keterkaitan yang berbentuk U pada grafik yang membandingkan antara joging dan kematian menunjukkan mungkin ada batas atas untuk dosis jogging yang optimal untuk manfaat kesehatan,” kata Schnohr. “Jika tujuan Anda adalah untuk mengurangi risiko kematian dan meningkatkan harapan hidup, jogging beberapa kali seminggu pada kecepatan yang moderat adalah strategi yang baik. Apa yang dilakukan berlebih tidak hanya membuang waktu, juga berbahaya bagi kesehatan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *