Tablet Hisap Zinc Mempercepat Penyembuhan Flu

Advertisement

Sebuah meta analisis terhadap tiga penelitian acak terkontrol menyimpulkan bahwa tablet hisap zinc asetat mempercepat penyembuhan flu sebesar 3 kali lipat. Pada hari kelima percobaan, 70 % pasien yang diberi tablet hisap zinc sembuh dari flu sedangkan yang tidak diberi suplemen ini hanya 27 % yang sembuh. Efek penyembuhan tablet hisap ini tidak terpengaruh oleh umur, jenis kelamin, ras, alergi, kebiasaan merokok, dan tingkat keparahan flu.

Dosis zinc asetat yang digunakan pada penelitian tersebut berkisar antara 80-92 mg/hari. Tidak ada efek samping serius yang dijumpai selama penelitian berlangsung. Meskipun terdapat bukti yang kuat bahwa zinc asetat mampu mempercepat penyembuhan flu, namun perlu diperhatikan bahwa beberapa sediaan zinc di pasaran memiliki dosis yang terlalu sedikit atau mengandung senyawa yang dapat mengikat ion zinc, misalnya asam sitrat.

Mekanisme zinc dalam mempercepat penyembuhan flu masih belum sepenuhnya dipahami. Menurut sebuah percobaan di laboratorium, senyawa ini menghambat replikasi virus yang menginfeksi saluran pernafasan dan meningkatkan efek interferon. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa zinc mengurangi radang pada saluran pernafasan, hal ini menjelaskan mengapa terjadi penurunan gejala flu pada pasien yang diberi zinc. Berdasarkan penelitian tersebut, disarankan untuk menggunakan tablet hisap zinc asetat dengan dosis tidak melebihi 100 mg per hari.

Referensi:

Harri Hemilä, James T. Fitzgerald, Edward J. Petrus, Ananda Prasad. Zinc Acetate Lozenges May Improve the Recovery Rate of Common Cold Patients: An Individual Patient Data Meta-Analysis. Open Forum Infectious Diseases, 2017; 4 (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *