Suplemen Omega-3 Mencegah Asma pada Anak

Advertisement

Risiko terjadinya asma pada anak ternyata dapat berkurang hampir sepertiganya bila selama mengandung, ibunya mengkonsumsi suplemen asam folat. Hal ini disampaikan oleh tim peneliti dari Copenhagen Prospective Studies on Asthma in Childhood (COPSAC) dan Universitas Waterloo.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal New England Journal of Medicine ini menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 2,4 gram suplemen asam lemak omega-3 selama trimester ketiga kehamilan dapat mengurangi risiko asma pada anaknya sebesar 31%. Asam lemak omega-3, contohnya adalah EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) terdapat di ikan air dingin. EPA dan DHA berperan dalam pengaturan respon imunitas manusia.

Hubungan antara sifat antiinflamasi/antiperadangan yang dimiliki omega-3 dengan rendahnya asupan omega-3 pada pola makan Barat dan meningkatnya jumlah serangan asma pada anak telah lama diduga oleh para ilmuwan. Penelitian ini membuktikan bahwa asupan omega-3 dan asma ternyata berhubungan erat. Sebagaimana diketahui, serangan asma meningkat dua kali lipat selama dekade terakhir di negara-negara Barat. Sebanyak satu dari lima orang anak menderita asma sebelum usia masuk sekolah. Kini para ilmuwan telah memiliki cara mencegah serangan asma tersebut.

Referensi:

Hans Bisgaard, dkk. Fish Oil–Derived Fatty Acids in Pregnancy and Wheeze and Asthma in Offspring. New England Journal of Medicine, 2016; 375 (26): 2530 DOI: 10.1056/NEJMoa1503734

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *