Suplemen Makanan Ini Dapat Menunda Penuaan

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa pembatasan kalori dapat menunda penuaan, namun ternyata hal ini tidak cukup praktis dan bahkan berbahaya bagi beberapa orang. Namun ketidakpraktisan tersebut kini dapat diatasi dengan pemberian sejenis suplemen makanan yang memilili fungsi serupa dengan apabila seseorang membatasi asupan kalorinya. Suplemen yang dinamakan nicotinomide riboside (NR) ini memiliki jalur kimiawi yang sama dengan pembatasan kalori pada manusia. Suplemen ini juga diklaim memperbaiki tekanan darah dan kesehatan pembuluh darah, khususnya bagi mereka yang terkena hipertensi sedang.

Tim ilmuwan mengadakan penelitian terhadap nicotinomide riboside ini dengan cara mengambil data 24 pria dan wanita sehat yang berumur 55-79 tahun. Separuh peserta penelitian diberi plasebo selama 6 minggu, kemudian disusul dengan nicotinamide riboside 500 mg tiap 12 jam. Separuhnya lagi diberi nicotinamide riboside selama 6 minggu pertama kemudian diikuti oleh pemberian plasebo. Ditemukan bahwa suplementasi nicotinamide riboside dapat meningkatkan kadar nicotinamide adenine dinucleotide (NAD+) sekitar 60%. NAD+ diperlukan untuk aktivasi enzim sirtuin, yang berperan dalam restriksi kalori. Enzim ini berkurang seiring bertambahnya usia.

Penelitian ini juga menemukan bahwa pada 13 peserta penelitian yang memiliki tekanan darah tinggi stage 1, tekanan darah sistoliknya turun sebesar 10 poin setelah mengkonsumsi suplemen ini. Penurunan tekanan darah sebesar 10 poin berarti setara dengan penurunan risiko serangan jantung sebesar 25%. Tidak ada laporan efek samping serius yang dialami oleh para peserta penelitian. Kini tim ilmuwan tengah merancang penelitian lanjutan untuk meneliti pengaruh suplementasi NR terhadap kesehatan pembuluh darah arteri dan tekanan darah dengan jumlah peserta penelitian yang lebih besar lagi.

Referensi:

Christopher R. Martens, Blair A. Denman, Melissa R. Mazzo, Michael L. Armstrong, Nichole Reisdorph, Matthew B. Mcqueen, Michel Chonchol, Douglas R. Seals. Chronic nicotinamide riboside supplementation is well-tolerated and elevates NAD in healthy middle-aged and older adultsNature Communications, 2018; DOI: 10.1038/s41467-018-03421-7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *