Statin Ternyata Bisa Mencegah Pembekuan Darah di Vena

Advertisement

Pembekuan darah vena, atau yang lebih dikenal dengan nama lain venous thromboembolism (VTE) dapat dihambat antara 15-25 % dengan menggunakan obat golongan statin. Kesimpulan ini didapat setelah melalui analisis mendalam terhadap 36 penelitian yang melibatkan 3,2 juta orang. Analisis yang didukung oleh NIHR Collaboration for Leadership for Applied Health Research and Care (CLAHRC) East Midlands dan the NIHR Leicester-Loughborough Diet, Lifestyle and Physical Activity Biomedical Research Unit diterbitkan di jurnal The Lancet Haematology.

Temuan ini berpotensi menjadi bukti mengenai bukti klinis statin dalam pencegahan VTE, sekaligus dapat berpeluang membuat pedoman klinis baru dan memperluas penggunaan obat golongan statin yang selama ini hanya dikenal sebagai obat penurun kolesterol saja. Statin merupakan golongan obat yang dikenal pula dengan nama lain HMG-CoA reduktase inhibitor, contohnya adalah simvastatin dan atorvastatin.

Obat golongan statin bekerja dengan cara menghambat enzim HMG-CoA reduktase yang memiliki peran vital dalam sintesis kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Efek samping yang paling umum terjadi dari penggunaan obat ini meliputi nyeri otot, peningkatan risiko diabetes, dan kelainan nilai tes fungsi hati.

Referensi:

Setor K Kunutsor, Samuel Seidu, Kamlesh Khunti. Statins and primary prevention of venous thromboembolism: a systematic review and meta-analysis. The Lancet Haematology, 2017; DOI: 10.1016/S2352-3026(16)30184-3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *