Statin Boleh Diberikan Untuk Pasien Gagal Ginjal Kronis: Update Panduan NICE

Advertisement

Panduan terbaru yang dikeluarkan oleh National Institute of Health and Care Exellence (NICE) menyatakan bahwa pasien yang menderita gagal ginjal kronis, atau chronic kidney disease (CKD) dapat diberikan statin untuk menurunkan terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Obat golongan statin sebenarnya sudah digunakan untuk pasien yang telah mengalami infark miokard guna mencegah gangguan di sistem jantung dan pembuluh darah.

Para ahli menyatakan bahwa penurunan fungsi ginjal dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Pada pasien ini akan terjadi penurunan kecepatan laju filtrasi glomerulus dan meningkatnya ekskresi protein via urin. Untuk mengurangi gangguan pada sistem jantung dan pembuluh darah, maka pasien penderita gagal ginjal kronis hendaknya mengkonsumsi obat golongan statin. Contoh obat golongan statin yang dapat digunakan adalah atorvastatin, simvastatin, dan rosuvastatin.

Panduan NICE menyatakan bahwa statin dapat diberikan pada pasien berumur 18 tahun atau lebih. Parameter laboratorium yang harus dimonitor pada pasien ini adalah nilai eGFR (estimated glomelurus filtration rate) dan rasio albumin-kreatinin. Selain itu pasien juga hendaknya diberi edukasi mengenai pengurangan konsumsi garam dan pengaturan asupan air.

Referensi:

https://www.nice.org.uk/news/article/statins-should-be-offered-to-everyone-who-has-chronic-kidney-disease-says-nice

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *