Sinar Matahari Memacu Sel Kekebalan Tubuh untuk Melawan Infeksi

Advertisement

Selama ini kita mengenal sinar matahari bermanfaat untuk membuat vitamin D di dalam tubuh, namun ada manfaat lain sinar matahari yang baru-baru ini diketahui, yakni untuk memacu sel kekebalan tubuh yang dinamakan sel T. Temuan ini disampaikan oleh tim ilmuwan dari Universitas Georgetown di Amerika Serikat, dikatakan pula bahwa mekanisme pertahanan tubuh ini berbeda dengan mekanisme produksi vitamin D yang selama ini dikenal.

Tim ilmuwan menemukan bahwa sinar biru yang terkandung pada sinar matahari akan membuat sel T bergerak lebih cepat. Sel T memang perlu bergerak menuju target yang terkena infeksi di dalam tubuh dan segera memberikan respon. Penelitian ini menunjukkan bahwa sinar matahari secara langsung mengaktifkan sel kekebalan tubuh ini dengan cara mempercepat pergerakannya.

Pergerakan sel T ini ternyata dipacu oleh senyawa hidrogen peroksida, yang merupakan sinyal bagi sel T untuk bergerak menuju target infeksi. Senyawa hidrogen peroksida merupakan senyawa yang dikeluarkan oleh sel darah putih ketika merasakan adanya infeksi dan memanggil sel T untuk membunuh bakteri penyebab infeksi tersebut. Sinar matahari ternyata dapat merangsang pembentukan senyawa hidrogen peroksida. Saat ini tim ilmuwan sedang meneliti lebih lanjut lagi penerapan penemuan ini. Mereka berharap bahwa sinar biru ini dapat digunakan sebagai metode terapi untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang terhadap infeksi.

Referensi:

Thieu X. Phan, Barbara Jaruga, Sandeep C. Pingle, Bidhan C. Bandyopadhyay, Gerard P. Ahern. Intrinsic Photosensitivity Enhances Motility of T Lymphocytes. Scientific Reports, 2016; 6: 39479 DOI: 10.1038/srep39479

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *