Senyawa Protein ini Ternyata Ada Hubungannya dengan Leukemia

Advertisement

Peneliti kanker di Universitas Cincinnati telah menemukan peran sebuah senyawa protein yang berkaitan dengan obesitas pada perkembangan leukemia. Senyawa protein yang dinamakan FTO ini berperan penting untuk merangsang pembentukan kanker dengan cara pengaturan gen yang melibatkan modifikasi RNA. Hal ini akan memicu produksi sel leukemia dan mencegah respon terhadap obat-obatan.

Reaksi metilasi RNA merupakan reaksi yang paling sering terjadi pada messenger RNA (mRNA). Pada penelitian ini tim ilmuwan berhasil membuktikan bahwa senyawa FTO mampu menghapus reaksi ini. Hal ini berarti bahwa senyawa FTO dapat menghapus modifikasi transkrip RNA yang penting perannya dalam berbagai proses biologis normal, misalnya perkembangan jaringan. Ditemukan pula bahwa kadar FTO ternyata tinggi pada sampel AML (acute myeloid leukemia) yang berasal dari 100 pasien. Kadar FTO yang tinggi ini berkontribusi kepada pembelahan sel kanker, perkembangan leukemia, dan tidak responnya sel kanker terhadap obat-obatan.

Kesimpulan bahwa FTO terlibat dalam pembentukan kanker juga semakin diperkuat dengan fakta bahwa beberapa gen (ASB2 dan RARA) yang mampu menghambat perkembangan sel leukemia ternyata kadarnya akan rendah bila kadar FTO tinggi di dalam sampel. Dengan ditemukannya kaitan antara FTO dengan leukemia, diharapkan akan memberikan ide untuk penemuan obat baru guna melawan leukemia.

Referensi:

FTO Plays an Oncogenic Role in Acute Myeloid Leukemia as a N6-Methyladenosine RNA Demethylase, Jianjun Chen et al., Cancer Cell, doi: 10.1016/j.ccell.2016.11.017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *