Senyawa pada Sayuran Ini Bisa Mencegah Penuaan Otak

Advertisement

Bayam dan beberapa jenis sayuran hijau lainnya tidak hanya enak dimakan, namun juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Tim ilmuwan dari University of Illinois mengadakan penelitian terhadap 60 orang dewasa berumur antara 25-45 tahun. Ditemukan bahwa kadar lutein yang tinggi mempengaruhi respon sel saraf. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Aging Neuroscience ini berbeda dari penelitian sebelumnya. Bila pada penelitian sebelumnya digunakan sampel orang yang sudah berumur lanjut, maka pada penelitian ini digunakan sampel orang yang masih muda guna melihat pengaruh kadar lutein pada aktivitas saraf.

Para ilmuwan menduga bahwa senyawa lutein dapat memperlambat penuaan otak. Lutein adalah sejenis protein yang tidak mampu dibuat oleh tubuh, sehingga harus diperoleh melalui makanan. Di dalam tubuh lutein terakumulasi di jaringan otak dan mata. Pada penelitian ini tim ilmuwan mengukur aktivitas sel saraf di otak.

Sinyal neuro elektrik peserta penelitian yang berumur lebih tua namun memiliki kadar lutein lebih tinggi menunjukkan aktivitas yang sama dengan peserta penelitian yang lebih muda dengan kadar lutein lebih rendah. Nampaknya lutein juga memiliki manfaat melindungi otak. Kini tim ilmuwan berencana melakukan penelitian lain guna melihat pengaruh kadar lutein terhadap performa kognitif.

Referensi:

Walk, A.M., Edwards, C.G., Baumgartner, N.W., Chojnacki, M.R., Covello, A.R., Reeser, G.E., dkk., 2017. The Role of Retinal Carotenoids and Age on Neuroelectric Indices of Attentional Control among Early to Middle-Aged Adults. Frontiers in Aging Neuroscience, 9:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *