Semaglutide, Obat Diabetes yang Dapat Mengatasi Obesitas

Advertisement

Sejenis obat yang mentargetkan pusat pengendali rasa lapar di otak dapat menurunkan berat badan pada orang yang secara klinis menderita obesitas. Rata-rata orang akan mengalami penurunan berat badan sebanyak 5 kg selama 12 minggu setelah menerima dosis Semaglutide. Obat ini sebenarnya pada awalnya ditujukan untuk obat diabetes, namun kini para ilmuwan juga mengetahui bahwa Semaglutide mampu pula menurunkan berat badan.

Manfaat penurunan berat badan ini diperoleh dari penurunan lemak tubuh. Obat ini akan menurunkan nafsu makan, sehingga orang akan cenderung makan lebih sedikit. Tim ilmuwan mengatakan bahwa Semaglutide mentargetkan reseptor spesifik di otak yang dapat mempengaruhi sistem pengendali rasa lapar di otak. Tim ilmuwan menyatakan bahwa Semaglutide lebih efektif dibandingkan obat anti obesitas lainnya, dimana efek penurunan berat badannya dapat dirasakan selama 12 minggu setelah mengkonsumsi Semaglutide dibandingkan 6 bulan bila menggunakan obat lainnya.

Semaglutide merupakan obat diabetes baru yang dikembangkan oleh Novo Nordisk. Struktur kimianya sangat mirip dengan hormon alami GLP-1 yang dipercaya memiliki aksi pada pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus. Pada penelitian ini tim ilmuwan memberikan Semaglutide kepada 28 orang yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) antara 30-45 kg/m2. Peserta penelitian kemudian dibagi menjadi dua kelompok, separuhnya medapat Semaglutide sementara separuh peserta lainnya diberi plasebo selama 12 minggu. Setelah 12 minggu, mereka diundang ke sebuah pusat penelitian guna menghadiri makan siang. Para peserta penelitian kemudian diminta untuk makan sepuasnya hingga kenyang, kemudian tim ilmuwan mencatat makanan yang mereka makan.

Setelah hasilnya dianalisis, tim ilmuwan menemukan bahwa rata-rata asupan harian energi peserta penelitian yang mendapat Semaglutide lebih rendah 24 % dibandingkan kelompok lainnya. Menanggapi hasil penelitian ini tim ilmuwan menyatakan bahwa obat yang menurunkan asupan harian makanan dan juga menurunkan lemak tubuh akan membantu orang mengatasi obesitas.

Referensi

John Blundell, Graham Finlayson, Mads Axelsen, Anne Flint, Catherine Gibbons, Trine Kvist, Julie B. Hjerpsted. Effects of once-weekly semaglutide on appetite, energy intake, control of eating, food preference and body weight in subjects with obesity. Diabetes, Obesity and Metabolism, 2017; 19 (9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *