Sel Tubuh Mengalami Penuaan Dini pada Penderita HIV

Advertisement

Lebih dari 30 tahun setelah penemuan HIV, para ilmuwan kini mempelajari bagaimana infeksi HIV jangka panjang mempengaruhi tubuh, dan bahkan menyebabkan penuaan dini sel tubuh. Pada penelitian ini para imuwan mempelajari DNA orang yang terinfeksi HIV dan yang tidak terinfeksi.

Para ilmuwan dari Universitas Nebraska dan Universitas California-San Diego menganalisis 137 orang penderita HIV dan 44 orang bukan penderita. Ditemukan adanya tanda-tanda penuaan pada DNA sel orang yang terinfeksi HIV berdasarkan biomarker spesifik. DNA sel penderita HIV mengalami penuaan lebih cepat, seakan-akan seperti lebih tua 5 tahun atau lebih.

Perubahan DNA ini diduga merupakan kunci untuk memahami efek jangka panjang infeksi HIV. Penuaan akan meningkatkan risiko kematian, terbukti bahwa penderita HIV memiliki risiko kematian yang lebih tinggi sebesar 19% dibandingkan orang yang tidak menderita HIV.

Diduga mekanisme penuaan sel ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang kelelahan untuk mengatasi infeksi menahun ini. Sel akan membelah lebih banyak dibandingkan orang sehat. Hal ini menyebabkan tampilan sel yang lebih tua di level molekuler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *