Rumput Fatimah Tidak Disarankan untuk Memperlancar Proses Persalinan

Advertisement

Rumput fatimah (Labisia pumila) adalah tanaman herba dari keluarga Primulaceae. Rumput fatimah berbentuk tanaman kecil, berkayu, dan berbunga, tumbuh subur di rerimbunan pohon hutan tropis. Daun tanaman rumput fatimah berbentuk oblong, memiliki bulu lembut di bagian bawahnya, dan dapat tumbuh hingga berukuran 20-40 cm. Tanaman ini dapat dijumpai di pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Rumput fatimah sudah digunakan sejak lama secara empiris untuk mengatasi menstruasi yang tidak beraturan, rasa sakit menstruasi, memperlancar persalinan, pemulihan kontraksi rahim setelah persalinan, dan menjaga vitalitas. Rumput fatimah dapat digunakan dalam bentuk herba kering yang direndam dalam air matang hingga mengembang kemudian air rendaman diminum. Selain itu rumput fatimah juga terdapat dalam bentuk serbuk kering dan juga ada yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul.

Kandungan senyawa kimia pada rumput fatimah belum banyak diteliti. Penelitian yang telah ada menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung sejenis hormon oksitosin, yaitu hormon yang berperan dalam proses persalinan. Selain itu terdapat pula kandungan senyawa asam galat, rutin, dan myricetin. Kandungan saponin pada daun rumput fatimah lebih banyak daripada batang dan akarnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki potensi sebagai tanaman obat untuk khasiat anti TNF alfa dan COX2. Rumput fatimah juga menormalkan produksi kolagen sehingga dapat digunakan sebagai anti keriput pada kulit. Akan tetapi sebagai pembantu proses persalinan, nampaknya rumput fatimah sebaiknya tidak digunakan lagi. Beberapa laporan kasus menunjukkan pendarahan yang serius dan kematian bayi di dalam kandungan akibat penggunaan rumput fatimah. Oleh sebab itu dokter tidak menyarankan penggunaan rumput fatimah untuk memperlancar proses persalinan. Proses persalinan hendaknya mengikuti pedoman baku/standar untuk menunjang keselamatan ibu dan bayi di dalam kandungan. Bila anda masih menggunakan rumput fatimah untuk memperlancar proses persalinan, maka sebaiknya anda hentikan dahulu karena berpotensi tinggi membahayakan keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Referensi:

Bodeker G .Health and Beauty from the Rainforest: Malaysian Traditions of Ramuan. Kuala Lumpur; Editions Didier Millet Pty Ltd. 2009

Choi, H.K.; et al. (2010). “Labisia pumila extract protects skin cells from photoaging caused by UVB irradiation.”. J Biosci Bioeng (109(3)): 291–6.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *