Ramuan Herbal Penumbuh Rambut

Advertisement

Ramuan herbal penumbuh rambut sudah sejak lama digunakan oleh nenek moyang kita untuk menyuburkan tumbuhnya rambut.  Masalah kebotakan dan rambut rontok juga dapat diatasi oleh ramuan herbal penumbuh rambut ini. Beberapa ramuan herbal penumbuh rambut tersebut ada yang sudah dikemas dalam bentuk botol, misalnya minyak urang-aring, namun ada pula yang belum, sehingga harus diramu sendiri.

Salah satu contoh herbal yang dapat digunakan sebagai ramuan penumbuh rambut adalah urang-aring (Eclipta alba). Urang-aring dikenal dalam sistem pengobatan India kuno (Ayurveda) sebagai tanaman yang berkhasiat menguatkan hati, meremajakan jaringan, dan baik untuk menumbuhkan rambut.

Khasiat urang-aring sebagai ramuan herbal penumbuh rambut sudah dibuktikan oleh penelitian, dimana ekstrak urang-aring mempercepat waktu tumbuhnya rambut pada bulu tikus dibandingkan dengan kontrol positifnya berupa minoxidil 2% (Roy et al, 2008). Cara pemakaian daun urang-aring sebagai ramuan herbal penumbuh rambut adalah dengan cara merebus daun urang-aring hingga mendidih, air rebusannya digunakan untuk membilas rambut. Beberapa apotek juga menyediakan minyak urang-aring, lebih praktis untuk digunakan.

Selain urang-aring, ramuan herbal penumbuh rambut lainnya adalah lidah buaya. Cara pemakaiannya adalah dengan cara memotong lidah buaya, gunakan lendirnya sebagai shampo. Selain lidah buaya, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai ramuan herbal penumbuh rambut. Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke rambut, pijat perlahan hingga meresap ke kulit kepala.

Referensi:

Datta K, Singh AT, Mukherjee A, Bhat B, Ramesh B, Burman AC (2009). “Eclipta alba extract with potential for hair growth promoting activity”. Journal of Ethnopharmacology. 124 (3): 450–6.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *