Perkenalkan sumber antioksidan terbesar: Kopi!

Advertisement

Bagi sebagian orang, ketika diberi pilihan untuk minum kopi atau teh, sebagian akan memilih kopi sedangkan sisanya akan memilih teh. Mereka yang memilih kopi menyadari bahwa minuman stimulan ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat kopi yang telah dibuktikan oleh lebih dari 19.000 penelitian di seluruh dunia adalah dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit hati, penyakit Alzheimer, dan kanker usus besar. Alasannya diduga karena kandungan antioksidan di kopi. Faktanya, kopi menyediakan lebih banyak antioksidan daripada jenis makanan lainnya.

Antioksidan bermanfaat untuk mencegah pembentukan radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penuaan dini dan penyebab penyakit stres oksidatif, termasuk kanker. Sebagai tambahan, antioksidan juga memiliki berbagai jenis efek biologis lainnya dan secara keseluruhan sangat penting perannya dalam menjaga kesehatan.

Menariknya, kopi mengandung banyak sekali jenis antioksidan, diantaranya adalah asam hidrosinamat dan polifenol. Asam hidrosinamat merupakan senyawa yang sangat efektif menetralkan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif. Senyawa polifenol pada kopi bermanfaat membantu mencegah sejumlah penyakit, misalnya penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

Asupan antioksidan harian yang terbesar ternyata diperoleh dari kopi. Walaupun kopi berada di urutan ketujuh dalam kandungan antioksidan per takaran saji, namun konsumsi kopi harian setiap orang ternyata cukup tinggi, sehingga menjadikan kopi sebagai sumber asupan antioksidan utama.

Sebenarnya selain kopi, terdapat pula sumber antioksidan lainnya, yaitu buah dan sayuran. Untuk menjaga kesehatan secara optimal, akan lebih baik bila terdapat variasi sumber antioksidan dari sumber lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *