Orang yang Kesepian dan Menyendiri Lebih Rentan Terserang Penyakit Jantung Koroner dan Stroke

Advertisement

Sebuah meta analisis menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesepian dengan meningkatnya risiko seseorang untuk terserang penyakit jantung koroner dan stroke. Sebelumnya beberapa penelitian telah pula mengkaitkan antara relasi sosial yang kurang baik dengan kematian dini pada seseorang.

Penelitian meta analisis ini melibatkan total 181.006 pasien, dan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sebesar 29% kejadian penyakit jantung koroner yang dialami oleh orang yang memiliki relasi sosial buruk yang diukur dengan terdapatnya kesepian dan isolasi sosial. Terdapat pula peningkatan sebesar 32% risiko terserang stroke pada kelompok orang ini.

Risiko relatif (RR) untuk kejadian penyakit jantung koroner adalah 1,29 pada orang yang mengalami kesepian dan isolasi sosial dibandingkan dengan orang yang tidak (95% CI, 1,0-1,6). Sedangkan RR untuk stroke pada pasien dengan relasi sosial buruk adalah 1,32 (95% CI, 1,0-1,7).

Para peneliti, yang dipimpin oleh Julianne Holt-Lunstad dan Timothy B Smith dari Brigham Young University menduga bahwa kesepian dan isolasi sosial menurunkan aktivitas fisik dan meningkatkan kecenderungan untuk merokok. Diharapkan hasil penelitian ini dapat mendorong praktisi kesehatan untuk memberi motivasi kepada pasien terkait pentingnya membina relasi sosial agar terhindar dari risiko terserang penyakit jantung koroner dan stroke. Penelitian ini dipublikasikan secara online di jurnal Heart.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *