Obesitas pada Anak dan Orang Dewasa Akibat Konsumsi Minuman Berpemanis Gula

Minuman yang diberi pemanis gula ternyata menjadi salah satu penyebab obesitas pada anak-anak dan juga orang dewasa. Hal ini merupakan bukti terbaru yang diperoleh dari analisis terhadap 30 penelitian yang diterbitkan antara tahun 2013 hingga 2015. Berdasarkan analisis ini, diketahui bahwa obesitas akibat minuman berpemanis gula telah meningkat kejadiannya dengan tajam selama 30 tahun terakhir.

Sebanyak 244.651 orang dilibatkan pada penelitian ini, meliputi 33% di Eropa, 23% di Amerika Serikat, 17% di Amerika Tengah dan Selatan, 10% di Australia, 7% di Afrika Selatan, serta sisanya sebanyak 10% dilakukan di Iran, Thailand, dan Jepang. Selain minuman berpemanis gula, faktor lainnya juga turut terlibat, antara lain pola makan dan gaya hidup, namun faktor-faktor tersebut telah dilakukan adjustment, dan tetap saja minuman berpemanis gula menjadi faktor independen terjadinya obesitas.

Untuk mengatasi hal ini tim ilmuwan memberikan saran agar masyarakat mengurangi konsumsi minuman berpemanis gula dan menggantinya dengan alternatif minuman lainnya, misalnya air putih. Selain itu pemerintah di banyak negara telah menaikknan pajak untuk jenis minuman ini dengan harapan agar masyarakat bisa lebih mengendalikan konsumsinya.

Referensi:

http://www.easo.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *