Obat Tradisional Gatal yang Mudah Dibuat di Rumah

Advertisement

Obat tradisional untuk mengobati atau meredakan gatal yang akan dibahas disini sangat praktis untuk dibuat sendiri di rumah. Gatal merupakan iritasi kulit yang menimbulkan dorongan untuk menggaruk. Rasa gatal umum dialami oleh sebagian besar orang, timbul di salah satu bagian tubuh atau bahkan di seluruh tubuh. Gatal disebut pula sebagai pruritus.

Gatal yang terjadi di seluruh tubuh seringkali lebih sukar disembuhkan daripada gatal yang terjadi secara lokal. Rasa gatal yang disertai dengan ketidaknormalan kulit yang terlihat harus diperiksakan ke dokter kulit, karena mungkin saja gejala tersebut adalah akibat dari penyakit yang memerlukan penanganan medis, misalnya eksem dan scabies.

Gatal dapat disebabkan oleh berbagai sebab, yang paling umum dijumpai adalah kekeringan pada kulit. Pada kasus tertentu, gatal pada seluruh tubuh dapat merupakan pertanda dari penyakit liver, ginjal, hipertiroidisme, limfoma, reaksi efek samping obat, polycythemia vera, dan kholestasis. Faktor emosi seperti stres dan kecemasan juga menjadi salah satu faktor penyebab rasa gatal. Beberapa orang mengalami gatal ketika terpapar sinar matahari. Reaksi alergi dan gigitan serangga juga dapat menyebabkan rasa gatal.

Perasaaan ingin menggaruk merupakan reaksi normal ketika seseorang mengalami gatal. Menggaruk kulit memang akan sedikit mengurangi rasa gatal, akan tetapi hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi lecet dan menimbulkan potensi infeksi. Oleh karena itu menggaruk kulit sebenarnya tidak disarankan. Untuk mengobati atau mengurangi rasa gatal, anda dapat menggunakan obat tradisional gatal yang sangat praktis untuk dibuat sendiri di rumah.

Baking Soda
Obat tradisional gatal ini mudah diperoleh. Baking soda memberikan sensasi rasa menyejukkan kulit karena efek antiinflamasinya. Selain itu baking soda juga berperan sebagai penetral asam secara alami sehingga bermanfaat meredakan gatal. Untuk meredakan gatal, campurkan satu cup baking soda ke dalam bathtub yang diisi air dingin. Aduk dengan baik. Anda disarankan untuk berendam di dalamnya selama kurang lebih satu setengah jam. Lakukan ini sekali sehari. Bila gatalnya hanya terjadi secara lokal, tidak seluruh tubuh, maka anda tidak perlu melakukan cara ini. Cukup campurkan tiga sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air. Aduk hingga menjadi semacam pasta. Pasta ini kemudian dioleskan ke bagian tubuh yang gatal, biarkan selama 10 menit. Lakukan ini sekali sehari. Perlu diperhatikan agar jangan sekali-kali menggunakan baking soda pada kulit yang mengalami luka, karena rasanya akan sangat perih.

Oatmeal
Oatmeal selain digunakan untuk sarapan sehat, ternyata juga bermanfaat sebagai pereda gatal. Oatmeal bersifat sebagai anti iritasi, anti inflamasi, dan penyejuk kulit yang akan meredakan gatal seketika. Obat tradisional gatal dari oatmeal dapat dibuat sebagai berikut: tambahkan 2 cup oatmeal ke dalam bathtub yang diisi air hangat, berendamlah selama 15-20 menit. Jangan menggunakan air panas karena akan merusak kulit. Anda dapat melakukan ini hingga tiga kali sehari, tergantung keparahan gatalnya. Bila gatal hanya terjadi secara lokal, anda tidak perlu melakukan cara ini, namun cukup campurkan sedikit air pada satu cup oatmeal, aduk hingga menjadi mirip pasta. Oleskan pada kulit yang gatal, biarkan selama satu setengah jam. Gunakan campuran ini sekali sehari.

Air Dingin
Air dingin dapat digunakan sebagai obat tradisional gatal, karena saraf yang merespon gatal sama dengan saraf yang merespon rasa dingin. Bila kulit diberi sensasi dingin dengan air, maka rasa gatal akan berkurang cepat. Anda dapat mandi dengan air dingin, menggunakan kompres air dingin, atau mengoleskan es batu pada kulit yang gatal.

Lemon
Obat tradisional gatal ini mengandung asam sitrat dan asam asetat yang memiliki khasiat antiseptik, anestetik, anti inflamasi, dan anti iritasi pada kulit. Untuk membuatnya, peras lemon kemudian oleskan air perasan menggunakan kapas kepada kulit yang gatal. Biarkan hingga mengering sendiri, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi dua kali sehari hingga kondisi membaik. Catatan: metode ini tidak sesuai bagi orang yang kulitnya sensitif.

Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki khasiat anti inflamasi, antibakteri, dan anti jamur. Selain itu lidah buaya juga mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk membantu menjaga kelembaban kulit sehingga dapat meredakan gatal akibat kulit kering. Oleskan cairan yang berasal dari daun lidah buaya ke kulit yang gatal, biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Obat tradisional gatal ini cukup digunakan sekali sehari.

Referensi:
Cerio, R., Dohil, M., Jeanine, D., Magina, S., Mahe, E. and Stratigos, A.J., 2010. Mechanism of action and clinical benefits of colloidal oatmeal for dermatologic practice. Journal of drugs in dermatology: JDD, 9(9), pp.1116-1120.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *