Obat Penekan Asam Lambung Tidak Meningkatkan Risiko Infeksi Pasien ICU

Advertisement

Obat penekan sekresi asam lambung golongan Proton Pump Inhibitor (PPI), contohnya omeprazol dan lansoprazol, yang digunakan untuk mencegah pendarahan lambung pada pasien yang dirawat di ICU ternyata tidak meningkatkan risiko infeksi aliran darah (BSI/Bloodstream Infections). Kesimpulan ini diperoleh tim ilmuwan setelah melakukan analisis terhadap 24.774 pasien ICU yang dirawat antara tahun 2008-2014.

Pada penelitian yang memiliki rancangan kohort retrospektif ini, tim ilmuwan ingin melihat parameter infeksi aliran darah yang dikonfirmasi dengan kultur, terjadi minimal 48 jam sejak pasien masuk ICU. Komorbid pasien dan faktor klinik lain yang dianggap mengganggu telah dipertimbangkan. Hasilnya didapat bahwa infeksi aliran darah terjadi pada 3,1 % pasien selama dirawat di ICU. Insiden kumulatif sebesar 3,7 % pada pasien yang mendapat obat PPI dan 2,2 % pada pasien yang tidak mendapat obat PPI.

Setelah mengendalikan faktor perancu, paparan terhadap obat PPI tidak menunjukkan hubungan dengan meningkatnya risiko infeksi aliran darah selama pasien dirawat di ICU. Meningkatnya risiko infeksi aliran darah secara independen dikaitkan dengan komorbid, penggunaan antibiotika, dan ventilasi mekanik.

Referensi:

Clin Gastroenterol Hepatol 2017;doi:10.1016/j.cgh.2016.12.035

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *