Obat Jantung ini Diklaim Efektif untuk Kanker Payudara

Advertisement

Tilarginin asetat, obat yang semula diperuntukkan untuk memperbaiki laju aliran darah di jantung kini sedang dicobakan untuk mengatasi triple negative breast cancer (TNBC). Obat ini pada mulanya diujicobakan untuk terapi syok jantung, yaitu kondisi dimana sirkulasi darah menuju jantung berkurang, dan jantung tidak mampu memompa darah yang kaya oksigen ke organ tubuh. Namun Tilarginin asetat tidak mendapat persetujuan dari FDA untuk terapi syok jantung karena kurang efektif.

Tilarginin asetat bekerja dengan cara menghambat pembentukan enzim nitrit oksida sintase. Ternyata ditemukan bahwa dengan menghambat enzim ini maka sel tumor  akan berhenti berkembang. Tilarginin asetat yang dikombinasikan dengan obat kemoterapi standar telah terbukti menghambat sel kanker di tikus percobaan. Kini para ilmuwan tengah berupaya menguji efektifitas dan keamanan obat ini untuk digunakan pada manusia.

Sekitar 2,5 juta wanita di seluruh dunia menderita kanker payudara. Lebih dari 42.000 kasus baru triple negative breast cancer (TNBC) didiagnosis di Amerika Serikat. TNBC merupakan jenis kanker payudara yang agak sulit ditangani dan dibedakan dari jenis kanker payudara lainnya karena TNBC tidak mengekspresikan gen untuk reseptor estrogen, progesteron, dan human epidermal growth receptor 2 (HER2).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *