Obat Imunoterapi Berbasis Antibodi ini Efektif Menghancurkan Sel Kanker

Advertisement

Imunoterapi berbasis antibodi merupakan metode menjanjikan pengobatan kanker. Namun sayangnya hal ini menimbulkan efek samping yang banyak pada pasien. Sebuah penemuan baru menjanjikan metode alternatif untuk memberikan terapi ini, yang memiliki efektivitas sama terhadap sel tumor namun memiliki lebih sedikit efek samping terhadap bagian lain di tubuh.

Pada imunoterapi berbasis antibodi, obat digunakan untuk merangsang sistem imunitas tubuh untuk menyerang dan menghancurkan sel tumor. Metode ini kini banyak digunakan untuk menterapi beberapa jenis kanker metastasis, misalnya melanoma dan kanker kandung kemih. Obat akan disuntikkan ke pasien. Akan tetapi kerugian terapi ini adalah bagian tubuh lain akan terpapar obat sehingga menyebabkan efek samping.

Hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan obatnya langsung atau mendekati tumornya. Terbukti bahwa metode ini juga memberikan respon imunitas sel yang diharapkan, sama seperti ketika obatnya disuntikkan seperti biasanya. Para ilmuwan berharap bahwa sel kekebalan tubuh akan mencari dan menemukan sel-sel yang bermetastase dan melenyapkannya.

Referensi: Local checkpoint inhibition of CTLA-4 as a monotherapy or in combination with anti-PD1 prevents the growth of murine bladder cancer, Luuk van Hooren, Linda C Sandin, Igor Moskalev, Peter Ellmark, Anna Dimberg, Peter Black, & Sara M Mangsbo, European Journal of Immunology, doi: 10.1002/eji.201646583, 22 November 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *