Obat Diabetes Ini Bisa Menangkal Leukemia

Advertisement

Para ilmuwan telah menemukan cara membunuh sel kanker pada AML (Acute Myeloid Leukemia) menggunakan metode baru. Hasil penelitian ini diterbitkan di jurnal Nature Cell Biology. Selama ini, metode tatalaksana leukemia berfokus pada pentargetan sel leukemia, dan kurang memberi perhatian pada pemeliharaan sel darah merah. Namun metode ini nampaknya akan direvisi, karena produksi sel darah merah yang sehat di sumsum tulang rupanya berperan penting guna mencegah penderita leukemia untuk terserang anemia atau juga infeksi berbahaya. Menggunakan metode baru ini, sumsum tulang dipandang sebagai sebuah ekosistem.

The American Cancer Society (ACS) memperkirakan bahwa sebanyak 21.380 orang akan didiagnosis AML pada tahun 2017. Mayoritas penderitanya adalah orang dewasa, dan lebih dari separuhnya akan meninggal akibat penyakit ini. Guna memperbaiki tingkat survival penderita AML, tim ilmuwan yang dipimpin oleh Boyd menganalisis sampel sumsum tulang dari 34 pasien penderita AML. Boyd dkk menemukan bahwa AML mengganggu sel adiposit di sumsum tulang. Sel adiposit merupakan sel yang berperan menyimpan lemak. Akibatnya akan terjadi disfungsi stem cell dan progenitor cell, yang pada orang sehat akan membentuk sel darah merah. Proses pematangan sel darah merah akan terganggu akibat proses ini.

Guna melawan hal ini, tim ilmuwan memberikan sejenis obat dari golongan agonis PPAR-gamma, yang selama ini dipergunakan sebagai obat diabetes tipe 2. Obat ini terbukti mampu memulihkan fungsi sel penyimpan lemak di sumsum tulang. Pulihnya sel adiposit ini akan menyelamatkan proses pematangan sel darah merah dan menekan sel leukemia. Dengan kata lain, perbaikan fungsi sel adiposit akan memacu perkembangan sel darah sehat dan membunuh sel leukemia.

Menanggapi hasil penelitian ini, tim ilmuwan menyatakan bahwa metode baru tersebut dapat mendorong terapi baru leukemia. Obat yang termasuk golongan agonis PPAR-gamma antara lain adalah Pioglitazone.

Referensi:

Boyd, A.L., Reid, J.C., Salci, K.R., Aslostovar, L., Benoit, Y.D., Shapovalova, Z., dkk., 2017. Acute myeloid leukaemia disrupts endogenous myelo-erythropoiesis by compromising the adipocyte bone marrow niche. Nature Cell Biology, advance online publication: .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *