Obat Baru Pemacu Pertumbuhan Rambut

Advertisement

Para ilmuwan baru-baru ini menemukan cara untuk memacu pertumbuhan rambut, yaitu dengan menghambat sejenis enzim pada folikel rambut. Enzim yang dihambat, yaitu JAK (janus kinase), merupakan enzim yang terdapat pada folikel rambut dan bertanggungjawab terhadap proses terhentinya pertumbuhan rambut.

Obat yang digunakan untuk memacu pertumbuhan rambut ini tergolong sebagai JAK inhibitor, contohnya adalah ruxilitinib dan tofacitinib. Kedua obat tersebut sebenarnya telah digunakan untuk mengobati penyakit lainnya, yaitu ruxilitinib untuk mengobati kelainan darah, sementara tofacitinib untuk mengobati penyakit rheumatoid artritis. Kini para ilmuwan tengah meneliti keduanya untuk mengobati penyakit plague psoriasis dan alopecia areata, yaitu penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut.

Pada percobaan ini, para imuwan menembukan bahwa rambut tikus yang diberi perlakuan selama 5 hari dengan salah satu dari obat JAK inhibitor dapat menumbuhkan rambut setelah jangka waktu 10 hari. Obat diberikan dalam bentuk topikal. Penelitian ini dilakukan oleh kelompok ilmuwan dari Columbia University Medical Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *