Obat Antikolesterol Golongan Statin Ternyata Juga Memperbaiki Struktur Jantung

Advertisement

Obat golongan statin, contohnya simvastatin dan atorvastatin, yang selama ini dikenal luas sebagai obat antikolesterol ternyata memiliki manfaat lain, yakni memperbaiki struktur jantung. Manfaat ini tidak ada kaitannya dengan efek antikolesterol statin. Pernyataan tersebut merupakan hasil kesimpulan dari penelitian yang dipresentasikan pada seminar EuroCMR 2017 baru-baru ini. Penelitian tersebut dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Dr Nay Aung dari Queen Mary University, London, Inggris.

Selain menurunkan kolesterol, obat golongan statin juga memiliki khasiat memperbaiki fungsi pembuluh darah, meredakan inflamasi, dan menstabilkan plak lemak di pembuluh darah. Beberapa penelitian pada binatang percobaan dan pada manusia telah menunjukkan pula bahwa obat ini menurunkan ketebalan otot jantung. Penelitian terbaru ini, melibatkan 4.622 orang yang tidak mengalami penyakit kardiovaskuler. MRI jantung digunakan untuk melihat volume ventrikel kanan dan kiri serta massa ventrikel kiri.

Sebanyak 17 % peserta penelitian menggunakan obat statin. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta penelitian yang menggunakan obat statin memiliki 2,4 % massa ventrikel kiri dan kanan yang lebih rendah dibandingkan peserta penelitian yang tidak menggunakan statin. Hal ini berarti bahwa orang yang menggunakan statin cenderung lebih kecil peluangnya untuk terkena penebalan otot jantung (hipertrofi ventrikel kiri). Jantung yang lebih tebal dan lebih besar merupakan prediktor kuat untuk serangan jantung, gagal jantung, dan stroke. Mengkonsumsi statin merupakan salah satu cara untuk menanggulangi perubahan negatif pada jantung, yang pada gilirannya akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *