Minum Kopi Tiga Cangkir per Hari Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kronis

Advertisement

Berita baik lagi untuk para penggemar kopi. Sebuah telaah terhadap beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang mampu mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Sebenarnya telah banyak dilakukan berbagai penelitian mengenai manfaat kopi untuk kesehatan. Hasilnya menyatakan bahwa kopi mampu mengurangi risiko kematian dini pada wanita pengidap diabetes, penelitian lainnya menyatakan bahwa kopi dapat menurunkan risiko terjadinya gagal jantung atau stroke. Ada pula sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko kematian dini pada pengidap HIV atau hepatitis C. Namun seberapa jauh penelitian-penelitian tersebut dapat dipercaya? Kemudian bila penelitian-penelitian tersebut kita gabungkan hasilnya, seperti apakah kesimpulan yang dapat kita peroleh?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, tim ilmuwan yang dipimpin oleh Dr. Robin Poole dari University of Southhampton di Inggris mengadakan sebuah analisis terhadap penelitian-penelitian yang membahas tentang kopi, hasilnya dimuat di jurnal The BMJ. Sebanyak 201 meta analisis terhadap penelitian-penelitian berdisain observasional, dan 17 meta analisis terhadap penelitian-penelitian uji klinik ditelaah datanya.

Secara umum, tim ilmuwan menyimpulkan bahwa konsumsi kopi lebih banyak memiliki manfaat dibandingkan kerugian. Konsumsi kopi dalam jumlah sedang, yakni sebanyak 4-5 cangkir per hari atau setara 400 mg kafein per hari, bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat yang diperoleh antara lain penurunan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, sirosis hati, dan diabetes. Selain itu minum kopi juga berhubungan dengan penurunan risiko kematian akibat berbagai jenis penyakit, khususnya akibat penyakit jantung. Tim ilmuwan mengambil kesimpulan bahwa kopi aman untuk dikonsumsi dalam batas tertentu, yakni sekitar 3-4 cangkir per hari. Jadi, sudahkan Anda minum kopi hari ini?

Referensi:

Poole R, Kennedy OJ, Roderick P, et al. Coffee consumption and health: umbrella review of meta-analyses of multiple health outcomes. BMJ2017;359: j5024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *