Minum Kopi Ternyata Mengurangi Risiko Kanker Endometrium pada Wanita

Advertisement

Kanker endometrium adalah kanker yang sering dijumpai pada organ reproduksi wanita, dan mempengaruhi sekitar satu dari 37 perempuan dalam hidup mereka. Tetapi dalam sebuah studi baru, para peneliti menemukan bahwa minum tiga atau empat cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kanker endometrium sebesar hampir seperlimanya.

Kanker endometrium adalah kanker pada lapisan rahim, yang disebut endometrium. Penyakit ini jarang terjadi pada wanita di bawah usia 45 tahun, kebanyakan kasus didiagnosa pada wanita berusia 55 tahun atau lebih. Menurut American Cancer Society (ACS), sekitar 54,870 wanita akan didiagnosis dengan kanker endometrium tahun ini, dan 10,170 diantaranya akan mengalami kematian akibat kondisi ini.

Meskipun tidak jelas persis apa yang menyebabkan kanker endometrium, penelitian lampau mengklaim kanker endometrium terjadi akibat ketidakseimbangan hormon, diabetes, obesitas dan makan yang tidak sehat sebagai beberapa faktor risiko yang penting.

Tim peneliti mereview data dari 1,303 wanita dengan kanker endometrium yang merupakan bagian dari penelitian European Prospective Investigation Into Cancer and Nutrition (EPIC). Data diperoleh menggunakan bantuan kuisioner, kemudian dinilai hubungan antara 84 jenis makanan dan nutrisi yang dikonsumsi dan risiko kanker endometrium. Dari kuisioner ini, ditemukan sembilan makanan dan nutrisi yang dapat dikaitkan dengan risiko kanker endometrium: jumlah lemak, lemak tak jenuh tunggal, fosfor, karbohidrat, yogurt, mentega, kentang, keju dan kopi.

Selanjutnya, para peneliti menganalisis lagi data dari 1,531 wanita lainnya dengan kanker endometrium yang merupakan bagian dari studi Nurses’ Health Study (NHS) dan Nurses’ Health Study II (NHSII). Data juga diperoleh menggunakan bantuan kuisioner. Untuk memvalidasi temuan mereka dari kelompok EPIC, tim juga meneliti hubungan antara konsumsi sembilan makanan dan nutrisi dan risiko kanker endometrium dalam populasi NHS dan NHSII.

Para peneliti menemukan bahwa minum tiga cangkir kopi sehari mengurangi risiko kanker endometrium sebesar 19% antara wanita dalam studi EPIC, dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari satu cangkir kopi sehari. Antara perempuan dalam studi NHS dan NHSII, minum empat cangkir kopi sehari mengurangi risiko kanker endometrium sebesar 18%, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah minum kopi.

Dalam studi EPIC, tim mengkaitkan lemak total, lemak tunggal tak jenuh dan asupan fosfor dengan penurunan risiko kanker endometrium, sementara asupan mentega dan karbohidrat dikaitkan dengan peningkatan risiko terjadinya kanker endometrium. Namun temuan ini dianggap tidak signifikan karena para peneliti tidak dapat memvalidasi ini dalam kohort NHS dan NHSII.

Tim mengatakan penelitian sebelumnya telah menyarankan hubungan antara asupan kopi dan rendahnya risiko kanker endometrium, dan bahwa penelitian terbaru ini memberikan bukti lebih lanjut untuk hubungan ini.

Referensi:
American Association for Cancer Research news release, diakses 4 Februari 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *