Metode Sederhana Cegah Serangan Jantung dan Stroke

Advertisement

Tiga metode sederhana untuk mencegah serangan jantung dan stroke telah terbukti efektif oleh tim peneliti dari Population Health Research Institute dari Universitas McMaster dan Hamilton Health Science. Tim peneliti melibatkan lebih dari 12.000 pasien dari 21 negara guna mengevaluasi obat-obatan yang dapat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah, khususnya serangan jantung dan stroke. Penyakit jantung dan pembuluh darah telah menyebabkan kematian lebih dari 18 juta orang dan menyebabkan 50 juta kasus serangan jantung dan stroke di seluruh dunia.

Tiga macam metode yang dievaluasi adalah pemberian obat golongan statin, antihipertensi, dan kombinasi kedua obat tersebut. Hasil penelitian ini diterbitkan di dalam jurnal New England Journal of Medicine dengan label HOPE-3 (Heart Outcomes Prevention Evaluation-3). Penelitian HOPE-3 ini melibatkan 228 pusat pelayanan kesehatan untuk melihat efek ketiga metode tersebut pada orang yang memiliki risiko sedang, namun tanpa penyakit jantung secara klinis.

Obat golongan statin (contohnya adalah rosuvastatin) terbukti menurunkan 25 % kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah secara signifikan dan aman. Obat antihipertensi tidak menurunkan kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah pada orang yang tidak mengidap hipertensi, namun dapat menurunkan kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah pada orang yang sudah terkena hipertensi. Ketika kedua obat tersebut digabungkan, obat golongan statin dan obat antihipertensi dapat menurunkan kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah sebanyak 30 %, sedangkan pada penderita hipertensi peluangnya menjadi 40 %. Hal ini menunjukkan bahwa penderita hipertensi tidak hanya harus menurunkan tekanan darahnya saja, namun juga harus menurunkan kadar kolesterolnya.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terapi obat golongan statin aman digunakan dan bermanfaat bagi pasien, berapapun tekanan darahnya. Temuan yang dicapai oleh penelitian HOPE-3 ini berdampak luar biasa bagi pelayanan kesehatan primer di dunia, karena harga obat-obat tersebut relatif dapat dijangkau dan terbukti mampu memberikan efek penurunan terhadap risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Referensi:

Yusuf, Salim, Lonn, Eva, Pais, Prem, Bosch, Jackie, López-Jaramillo, Patricio, Zhu, et al. Blood-Pressure and Cholesterol Lowering in Persons without Cardiovascular Disease. New England Journal of Medicine 2016 DOI: 10.1056/NEJMoa1600176

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *