Mengatasi Masalah Sendi dengan Suplemen Gelatin

Advertisement

Penelitian terbaru dari Keith Baar’s Functional Molecular Biology Laboratory dan the Australian Institute of Sport menyatakan bahwa mengkonsumsi suplemen yang mengandung gelatin dan diimbangi dengan olahraga dapat membantu tubuh menjaga fungsi normal ligamen, tendon, dan tulang. Hasil penelitian ini dimuat di jurnal American Journal of Clinical Nutrition.

Cidera tulang dan jaringan ikat merupakan masalah yang sering dialami oleh para atlit dan orang berusia lanjut. Metode guna mencegah cidera dan mempercepat pemulihan dari cidera menjadi sangat penting untuk diteliti. Namun sangat sulit untuk menilai efek suplemen terhadap jaringan tanpa membuka sendi secara langsung. Akan tetapi para ilmuwan kini telah mengembangkan ligamen buatan di laboratorium guna menilai efek suplemen terhadap jaringan.

Penelitian ini melibatkan 8 pria muda yang sehat. Mereka menggunakan suplemen gelatin yang dicampur vitamin C. Setelah meminum suplemen tersebut, mereka berolahraga selama 5 menit. Kemudian kadar asam amino di dalam darah mereka diperiksa. Asam amino ini merupakan komponen penting pembentukan ligamen, tendon, dan tulang. Hasilnya diperoleh bahwa suplemen gelatin meningkatkan kadar asam amino di dalam darah dan penanda yang berkaitan dengan sintesis kolagen. Ditemukan pula bahwa suplemen ini meningkatkan kinerja ligamen buatan di laboratorium.

Referensi:

Vitamin C-enriched gelatin supplementation before intermittent activity augments collagen synthesi, Gregory Shaw, Ann Lee-Barthel, Megan LR Ross, Bing Wang, and Keith Baar, American Journal of Clinical Nutrition, doi: 10.3945/‚Äčajcn.116.138594.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *