Manfaat Teh Hitam: Menurunkan Berat Badan

Advertisement

Teh hitam merupakan sejenis teh yang sering diminum orang di seluruh dunia. Sayangnya manfaat kesehatan teh hitam tidak sepopuler teh hijau. Namun teh hitam jangan dianggap remeh, karena sebuah penelitian baru menyatakan bahwa teh hitam tidak kalah dari teh hijau dalam hal kesehatan, yakni dapat menurunkan berat badan.

Penelitian yang diterbitkan di European Journal of Nutrition menyatakan bahwa baik teh hijau mapupun teh hitam sama-sama memiliki kandungan senyawa polifenol. Senyawa ini merupakan sejenis antioksidan yang dapat melindungi struktur sel, seperti DNA dan membran sel, dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Polifenol pada teh hijau ukurannya kecil, dapat diserap menuju aliran darah dan jaringan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat mengubah metabolisme energi hati sehingga dapat memicu penurunan berat badan. Sedangkan senyawa polifenol pada teh hitam memiliki mekanisme yang berbeda dari senyawa polifenol teh hijau, yakni dengan mempengaruhi keseimbangan bakteri di usus sehingga dapat memicu penurunan berat badan.

Senyawa polifenol pada teh hitam berukuran lebih besar dibandingkan senyawa polifenol teh hijau, oleh karena itu senyawa ini tidak diserap menuju aliran darah, namun malah langsung menuju usus halus. Di usus halus, polifenol akan memicu pertumbuhan sejenis bakteri baik Pseudobutyrivibrio dan menghasilkan metabolit yang dapat membantu mengendalikan metabolisme energi pada hati.

Referensi:

Henning, S.M., Yang, J., Hsu, M., Lee, R.-P., Grojean, E.M., Ly, A., dkk., 2017. Decaffeinated green and black tea polyphenols decrease weight gain and alter microbiome populations and function in diet-induced obese mice. European Journal of Nutrition, 1–11.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *