Manfaat Semangka bagi Kesehatan

Semangka (Citrullus lanatus) adalah tanaman buah yang berasal dari bagian selatan benua Afrika, namun kini sudah menyebar di berbagai negara. Daging buah semangka (yang biasanya berwarna merah, juga ada yang kuning) memiliki kandungan air yang tinggi, sering dibuat salad, selain dimakan mentah.

Di dalam buah semangka terdapat berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk memelihara kesehatan. Buah semangka mengandung 6% gula dan 92% air. Terdapat pula kandungan asam amino citrulline, serta beta karoten dalam jumlah besar. Citrulline merupakan stimulator nitrat oksida, yang bermanfaat merelaksasi pembuluh darah, mekanisme kerjanya sama dengan obat disfungsi ereksi Viagra, dan dikatakan pula mampu meningkatkan libido. Selain itu buah semangka juga bermanfaat sebagai sumber vitamin C.

Beberapa vitamin dan mineral yang turut terkandung dalam buah semangka antara lain vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zink. Selain itu buah semangka yang berdaging buah merah adalah sumber likopen yang baik. Buah semangka berkhasiat sebagai diuretika. Fakta tersebut membuktikan bahwa manfaat buah semangka bagi kesehatan adalah sangat besar.

Referensi:

Perkins-Veazie P, Collins JK, Davis AR, Roberts W (2006). “Carotenoid content of 50 watermelon cultivars”. J Agric Food Chem. 54 (7): 2593–7.

2 thoughts on “Manfaat Semangka bagi Kesehatan

  • Maret 20, 2018 at 11:14 pm
    Permalink

    yups… semangka memiliki banyak manfaat untuk masalah kesehatan, semangka juga dapat menguatkan tulang, terdapat kandungan kalsiun yang sangat bagus untuk mencegah pengeroposan tulang

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *