Manfaat Mangga

Advertisement

Manfaat mangga (Mangifera indica) adalah di bidang kuliner dan kesehatan. Tanaman yang berasal dari Asia Selatan ini dikenal memiliki rasa yang enak dan digemari sebagian besar orang. Kini mangga ditanam di berbagai tempat di dunia, sehingga manfaat mangga dapat dinikmati lebih luas lagi. Tekstur daging buah mangga bervariasi, ada yang berserat dan ada pula yang halus. Manfaat mangga tidak umum diperoleh dari buah yang mentah, untuk mendapatkan manfaat mangga secara optimal maka buah mangga harus dimatangkan dahulu. Proses pematangan buah mangga dapat berlangsung di pohon, atau dapat pula dengan cara menyimpan buah mangga di kantong kertas berwarna coklat.

Manfaat mangga di bidang kuliner sangat banyak, mangga bermanfaat untuk digunakan dalam bermacam olahan makanan maupun dimakan langsung sebagai buah. Meskipun manfaat mangga tidak umum diperoleh dari buah yang mentah, namun beberapa orang menyukai mangga mentah yang dimakan bersama garam, lada hitam, atau cabai. Manfaat mangga di bidang kuliner lainnya adalah untuk dibuat sebagai jus buah, potongan buahnya dapat dicampur dengan es krim.

Manfaat mangga di bidang kesehatan diperoleh karena buah mangga mengandung beragam zat gizi penting dan senyawa lainnya yang berkhasiat secara farmakologis. Buah mangga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, asam folat, serta vitamin C. Buah mangga juga mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan zink. Dapat disimpulkan bahwa manfaat mangga adalah sebagai buah yang menyehatkan.

Manfaat mangga lainnya adalah dapat digunakan sebagai sumber serat, karena daging buahnya mengandung banyak serat. Mangga juga bermanfaat sebagai sumber antioksidan, karena mengandung antioksidan berupa vitamin A dan C. Antioksidan pada mangga bermanfaat menangkal radikal bebas. Kulit buah mangga mengandung senyawa polifenol, seperti xanthonoid, mangiferin, dan asam galat. Senyawa triterpen mangga, yakni lupeol, bermanfaat untuk menghambat kanker kulit dan prostat. Manfaat mangga sangatlah banyak bila menyimak uraian di atas, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan mangga sebagai pilihan buah Anda hari ini.

Referensi:

Rocha Ribeiro SM, Queiroz JH, Lopes Ribeiro de Queiroz ME, Campos FM, Pinheiro Sant’ana HM (2007). “Antioxidant in mango (Mangifera indica L.) pulp”. Plant Foods Hum Nutr. 62 (1): 13–7.

2 thoughts on “Manfaat Mangga

    • Oktober 15, 2017 at 9:55 pm
      Permalink

      Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung pada mangga menyebabkan manfaat mangga cukup banyak.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *