Manfaat Jeruk Nipis

Advertisement

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah tanaman asli Asia Tenggara, oleh karena banyak manfaat yang dapat diperoleh dari jeruk nipis, maka jeruk nipis kini sudah ditanam di berbagai tempat di dunia. Manfaat jeruk nipis sangat banyak, diantaranya untuk kesehatan, kecantikan, dan makanan atau minuman. Jeruk nipis bermanfaat untuk dibuat berbagai jenis makanan atau minuman, permen, atau selai. Manfaat jeruk nipis juga ada di kulit buahnya, yakni dapat dibuat sebagai konsentrat minuman ringan, body oils, kosmetik, serta desinfekan.

Manfaat jeruk nipis di bidang kesehatan juga banyak, antara lain sebagai sumber vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam menjaga fungsi keseimbangan fisiologis, orang yang kekurangan vitamin C akan mengalami bibir pecah-pecah, sariawan, gusi berdarah, serta gangguan lainnya.

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah untuk perawatan kulit. Jus jeruk nipis dan minyak jeruk nipis yang terdapat pada kulit buahnya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Jeruk nipis dapat meremajakan kulit, membuatnya bercahaya, melindungi kulit dari infeksi dan bau badan. Bila dioleskan ke kulit, jeruk nipis bermanfaat mengangkat sel kulit mati, menangkal ketombe pada kulit kepala. Manfaat jeruk nipis juga dapat kita rasakan pada saat mandi, bila minyak jeruk nipis dicampurkan dengan air mandi maka sensasinya akan terasa menyegarkan.

Jeruk nipis juga dapat membantu pencernaan, manfaat jeruk nipis adalah untuk merangsang sistem pencernaan dengan cara memacu pengeluaran enzim pencernaan, asam empedu, serta menggerakkan sistem peristaltik pencernaan. Mekanisme ini dapat pula membantu orang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar agar lebih sering buang air besar.

Manfaat jeruk nipis juga sebagai pereda masalah pernafasan, cukup hirup pelan-pelan minyak jeruk nipis (ada di kulit buahnya) untuk meredakan hidung tersumbat, juga mual. Hal ini karena di dalam minyak jeruk nipis terkandung kaempferol. Jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin C pada jeruk nipis melindungi mata dari kerusakan oksidatif.

Manfaat jeruk nipis juga sebagai obat gout. Gout diakibatkan oleh penumpukan toksin di dalam tubuh, yakni asam urat dan juga penumpukan radikal bebas. Kandungan antioksidan vitamin C di dalam jeruk nipis bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, serta kandungan flavonoid jeruk nipis bermanfaat untuk detoksifikasi. Kombinasi kedua zat aktif ini membuat jeruk nipis bermanfaat sebagai obat gout.

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah untuk menurunkan berat badan, mencegah pembesaran prostat, dan mencegah penumpukan kalsium di saluran kemih. Dapat disimpulkan bahwa banyak manfaat jeruk nipis yang dapat kita dapatkan, maka mari kita biasakan mengkonsumsinya.

Referensi:

Bisen A., Pandey S.K., Patel N.: Effect of skin coatings on prolonging shelf life of kagzi lime fruits (Citrus aurantiifolia Swingle). Journal of Food Science Technology (2012) 49(6).753-759.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *