Manfaat Gamat bagi Kesehatan

Advertisement

Gamat atau teripang adalah hewan laut yang tergolong keluarga Holothuroidea, memiliki tubuh memanjang dengan permukaan kulit agak kasar. Hewan ini biasanya hidup di dasar laut dan ditemukan secara luas di seluruh dunia. Gamat mengkonsumsi plankton dan bahan-bahan organik lain yang ada di dasar laut. Gamat berkomunikasi antar sesamanya menggunakan sinyal berupa hormon yang dikirim dengan perantaraan air, yang kemudian diterima oleh gamat lainnya.

Beberapa spesies gamat, terutama gamat emas (Stichopus horrens), dikatakan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biasanya gamat dikeringkan, dibuat serbuk, dan digunakan sebagai lotion, atau dijadikan ekstrak guna digunakan secara internal. Masyarakat mempercayai bahwa gamat berkhasiat untuk mengobati luka kulit, ulkus lambung (maag), meningkatkan kekebalan tubuh, dan berbagai manfaat lainnya.

Efektifitas ekstrak gamat untuk mengobati perbaikan jaringan tubuh sedang diteliti dengan serius. Dikatakan bahwa ekstrak gamat mengandung asam-asam lemak yang berperan aktif dalam perbaikan jaringan tubuh. Sebuah penelitian pada tahun 2007 membuktikan bahwa senyawa lektin yang terkandung dalam salah satu spesies gamat, Cucumaria echinata, mampu menghambat perkembangan parasit malaria yang dihasilkan oleh nyamuk transgenik.

Selain itu, lektin yang terkandung pada gamat dikatakan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini berdasarkan dua buah penelitian yang dilakukan di Spanyol dan Filipina. Gamat mengandung protein, kolagen, berbagai macam mineral, mukopolisakarida, glukosaminoglikan, kondroitin, asam-asam lemak (omega-3,6, dan 9), serta berbagai macam asam amino.

Manfaat kesehatan gamat adalah karena kandungan senyawa-senyawa tersebut. Kolagen bermanfaat untuk kesehatan kulit, membantu menyembuhkan luka, mengurangi masalah pada lambung (terutama maag atau ulcer), serta berperan bagi pertumbuhan tulang rawan. Senyawa kondroitin bermanfaat untuk menjaga fungsi normal persendian, meringankan radang sendi (arthritis), mencegah osteoporosis dan osteoarthritis. Beberapa klaim kesehatan lain dari gamat adalah sebagai anti diabetes, anti inflamasi, penstabil hipertensi, menurunkan kolesterol, pencegah anemia, dan melancarkan sirkulasi darah.

Referensi:

Fredalina, B. D.; Ridzwan, B. H.; Zainal Abidin, A. A.; Kaswandi, M. A.; Zaiton, H.; Zali, I.; Kittakoop, P.; Mat Jais, A. M. (October 1999). “Fatty acid compositions in local sea cucumber, Stichopus chloronotus, for wound healing”. General Pharmacology. 33 (4): 337–340.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *