Manfaat Buah Rambutan

Advertisement

Rambutan, yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum, adalah buah kecil berwarna merah atau kuning dengan rambut pada kulitnya. Daging buah rambutan rasanya manis berair, sedikit asam, di tengahnya terdapat biji kecil berwarna coklat. Rambutan adalah buah asli Indonesia dan sekarang banyak ditemukan di Filipina, Malaysia, Kamboja, Thailand, Sri Lanka, India, Ekuador, Australia dan Amerika. Di India, buah Rambutan tersedia di sebagian besar di selatan negara bagian Tamil Nadu, Kerala dan Karnataka. Terdapat banyak manfaat buah rambutan untuk kesehatan, hal ini disebabkan karena kandungan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan pada buahnya yang menimbulkan berbagai efek fisiologis.

Kandungan Gizi Buah Rambutan

Kalori
Setiap 100 gram buah rambutan mengandung 84 kalori. Jika Anda mengikuti diet 2.000 kalori, hal ini menyumbang 4,2 persen kalori Anda. Jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh, meskipun bervariasi tergantung pada berat badan, tinggi, gaya hidup, jenis kelamin dan usia.

Makronutrien
Rambutan adalah buah sangat rendah lemak, mengandung hanya 0.1 gram lemak per porsi. Terdapat pula sedikit kandungan protein pada buah rambutan. Sebagian besar kalori di rambutan berasal dari karbohidrat.

Vitamin
Buah rambutan kaya akan vitamin C. Setiap 100 gram buah rambutan mengandung sekitar 40 persen dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan. Selain vitamin C, buah rambutan juga mengandung niasin atau vitamin B3.

Mineral
Satu porsi buah rambutan menyediakan asupan zat besi yang bagus, menyediakan 13,8 % untuk 31.2% dari jumlah zat besi yang Anda butuhkan setiap hari. Besi bermanfaat untuk menjaga tingkat oksigen dalam tubuh Anda, yang dapat membantu mencegah keletihan dan anemia. Dalam buah rambutan juga terdapat 4.3 % asupan harian fosfor yang direkomendasikan. Fosfor membantu menyaring limbah di ginjal dan diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua jaringan dan sel-sel. Buah rambutan juga mengandung kalsium; kalsium dan fosfor sama-sama bekerja untuk memperkuat tulang dan gigi.
Dibandingkan dengan kebanyakan buah-buahan lainnya, rambutan juga merupakan sumber tembaga yang baik. Meskipun tubuh Anda memerlukan hanya sejumlah kecil tembaga, mineral ini sangat penting untuk tubuh Anda. Defisiensi tembaga dapat mengakibatkan anemia, pecahnya pembuluh darah, masalah tulang dan sendi, kadar kolesterol tinggi, sering infeksi, dan kelelahan kronis. Tembaga juga penting untuk pertumbuhan rambut sehat. Buah yang kaya akan tembaga, seperti rambutan, bermanfaat untuk membantu mencegah rambut rontok, meningkatkan warna rambut dan mencegah rambut beruban secara dini.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan
Selain manfaat gizi, buah rambutan juga bermanfaat sebagai obat. Buah rambutan digunakan secara tradisional untuk membantu membunuh parasit usus, serta membantu mengurangi gejala diare.
Buah rambutan yang kaya akan vitamin C memiliki manfaat membantu mencegah berbagai kanker, termasuk paru-paru, usus besar, pankreas, kandung kemih, dan kenker payudara. Vitamin C juga mungkin menurunkan radikal bebas yang memicu kanker, karena vitamin ini memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Vitamin C pada buah rambutan juga bermanfaat untuk pengembangan sperma. Kekurangan vitamin C telah diduga merupakan salah satu faktor penyebab ketidaksuburan pada pria.

Keuntungan lain dari vitamin C pada buah rambutan adalah mengurangi kemungkinan katarak, memperkuat dinding kapiler darah, dan mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular. Ilmuwan menduga bahwa vitamin C dapat juga mencegah penuaan dengan menjaga sel-sel darah putih.
Salah satu kandungan utama buah rambutan adalah asam galat. Senyawa ini berperilaku seperti penyapu radikal bebas yang melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif dan sangat bermanfaat untuk melawan kanker. Rambutan memiliki kandungan serat yang baik dan rendah kalori. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan.

Manfaat buah rambutan bagi kecantikan diperoleh dengan cara membuat kulit Anda lembut dan kenyal. Kandungan air yang tinggi akan menghidrasi kulit Anda, menjadikan kulit halus, lembut dan kenyal. Karena kemampuannya untuk mengais radikal bebas, buah rambutan juga bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *