Makanan Kaya Omega-3 Ternyata Dapat Mencegah Hipertensi

Advertisement

Makanan yang kaya akan asam lemak Omega-3 terbukti mencegah naiknya tekanan darah menurut sebuah uji pendahuluan yang dipresentasikan pada seminar ilmiah American Heart Association 2016. Asam lemak Omega-3 merupakan lemak esensial yang paling banyak ditemukan pada ikan dan beberapa jenis minyak tumbuhan.

Pada penelitian ini sebanyak 2,036 orang dewasa sehat diteliti kandungan Omega-3 di dalam darah dan mengukur pula tekanan darahnya. Tim peneliti membagi peserta penelitian menjadi empat kelompok, dari kelompok yang paling tinggi kandungan Omega-3 di dalam darahnya hingga kelompok yang memiliki kandungan Omega-3 paling rendah.

Hasilnya ditemukan bahwa kelompok orang dengan kadar Omega-3 tertinggi di dalam darahnya memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok orang dengan kadar Omega-3 lebih rendah. Perbedaannya adalah 4 mmHg tekanan darah sistolik dan 2 mmHg tekanan darah diastolik. Secara umum ditemukan bahwa semakin tinggi kadar Omega-3 di dalam darah maka tekanan darah sistolik dan diastoliknya akan menurun pula. Hal ini menjadi landasan untuk menambah porsi makanan yang kaya akan Omega-3 untuk membantu mengurangi tekanan darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *