Makan Buah dan Sayuran Ternyata Bisa Memperbaiki Suasana Hati

Advertisement

Buah dan sayuran ternyata tidak hanya menyehatkan fisik saja, namun juga bisa memperbaiki kesehatan psikologis. Penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Departemen Psikologi di Univeristas Otago, Selandia Baru, membuktikan bahwa orang dewassa yang diberi tambahan asupan buah dan sayuran setiap hari selama 14 hari mengalami peningkatan motivasi dan kebugaran.

Rekomendasi asupan buah dan sayuran orang dewasa oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat adalah sekitar 2 cup buah dan 3 cup sayuran setiap hari. Satu cup buah setara dengan separuh buah anggur atau satu buah jeruk, sedangkan satu cup sayuran setara dengan sebuah kentang yang besar. Sebagai bagian dari pola hidup sehat, konsumsi buah dan sayur dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Pada penelitian ini, tim ilmuwan meneliti 171 orang siswa berumur 18-25 tahun yang dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama tidak diberi perlakuan khusus, mereka makan sebagaimana pola makan biasanya. Kelompok kedua mendapat ekstra buah dan sayuran yang diberikan langsung. Sedangkan kelompok ketiga mendapat voucher guna membeli sendiri buah/sayur dan mendapat pesan singkat yang mengingatkan agar mereka makan tambahan buah/sayuran setiap hari. Penelitian dilakukan selama 2 minggu. Di akhir penelitian, para responden dites psikologis. Hasilnya kelompok siswa yang diberi tambahan buah dan sayuran  secara langsung (kelompok 2) menunjukkan perbaikan motivasi dan vitalitas. Sedangkan kelompok pertama dan ketiga tidak menunjukkan perbaikan ini.

Referensi:

Conner, T.S., Brookie, K.L., Carr, A.C., Mainvil, L.A., dan Vissers, M.C.M., 2017. Let them eat fruit! The effect of fruit and vegetable consumption on psychological well-being in young adults: A randomized controlled trial. PLOS ONE, 12: e0171206.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *