Luteolin, Senyawa Alami dari Brokoli Efektif Melawan Kanker Payudara

Advertisement

Lebih dari 100 wanita meninggal setiap harinya akibat kanker payudara di Amerika Serikat. Kanker payudara jenis triple negative merupakan jenis kanker payudara ganas, mematikan, dan seringkali menyebar ke bagian tubuh lain. Penelitian terbaru dari tim ilmuwan dari Universitas Missouri menemukan bahwa senyawa luteolin dapat menurunkan risiko penyebaran sel kanker payudara. Luteolin merupakan senyawa alami yang terdapat pada brokoli, selain itu senyawa ini juga ditemukan di timi, seledri, dan parsley.

Kanker payudara jenis triple negative merupakan sel kanker yang tidak memiliki tiga buah reseptor yang menjadi target obat kemoterapi. Akibatnya obat-obatan kemoterapi biasa tidak bisa menemukan sel kanker ini. Penderita kanker payudara jenis triple negative seringkali sel kankernya menyebar ke bagian tubuh lain karena obat tidak bisa menghentikannya. Tim ilmuwan berupaya mengatasi hal ini dengan meneliti senyawa alami dan non toksik guna dicobakan ke sel kanker triple negative pada tikus percobaan.

Pada penelitian awal, tim ilmuwan mendapatkan hasil bahwa luteolin menghambat penyebaran sel kanker payudara ke paru-paru tikus. Selain itu ditemukan pula bahwa tikus yang diterapi dengan luteolin tidak mengalami penurunan berat badan, hal ini berarti bahwa luteolin tidak beracun dan efektif. Tim ilmuwan kemudian mengadakan tes lebih lanjut untuk mengetahui apakah luteolin dapat mencegah migrasi sel kanker ke seluruh bagian tubuh. Ternyata didapatkan bahwa perpindahan atau migrasi sel kanker dapat dihambat oleh adanya senyawa luteolin, bahkan sel kanker itu sendiri mati. Saat ini tim ilmuwan tengah melanjutkan penelitian ini ke tahap untuk mendapatkan persetujuan pemerintah guna mengujikannya pada manusia. Diharapkan bila penelitian ini sudah selesai, luteolin bisa menjadi obat kanker payudara triple negative yang menjanjikan.

Referensi:

Matthew Cook, Yayun Liang, Cynthia Besch-Williford, Salman Hyder. Luteolin inhibits lung metastasis, cell migration, and viability of triple-negative breast cancer cells. Breast Cancer: Targets and Therapy, 2016; Volume 9: 9 DOI: 10.2147/BCTT.S124860

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *