Lemak Mempercepat Penyebaran Sel Kanker

Advertisement

Sel kanker menyebar ke bagian lain di tubuh dengan membuat “jalan” untuk bepergian. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa lemak berperan besar bagi pembentukan “jalan” ini. Penyebaran kanker, yang sering disebut sebagai metastasis merupakan salah satu komplikasi kanker yang mengancam jiwa. Kemoterapi dan radioterapi dapat secara efektif menangani banyak jenis kanker, namun penyebaran sel kanker ke berbagai organ lain di tubuh telah banyak menimbulkan kematian akibat kanker.

Agar sel kanker dapat menyebar ke organ tubuh lain, sel ini harus menemukan “jalan” yang sudah ada sebelumnya atau bahkan membuat “jalan” baru. Pembuluh limfatik, sejenis pembuluh yang mengangkut cairan merupakan rute utama bagi penyebaran sel kanker. Pembentukan pembuluh limfatik baru, yang dinamakan limfangiogenesis, merupakan sebuah proses yang belum banyak dipahami selama ini.

Pada penelitian ini tim ilmuwan mengamati bahwa pembuluh limfatik menggunakan lebih banyak lemak (asam lemak) bila dibandingkan dengan pembuluh darah. Obat yang digunakan untuk menghambat pemanfaatan lemak oleh pembuluh limfatik akan menghambat pertumbuhan pembuluh ini. Hal ini diharapkan dapat menghambat penyebaran sel kanker/metastasis. Kini para ilmuwan tengah berusaha untuk mengembangkan sejenis obat yang dapat menghambat pemanfaatan lemak oleh pembuluh limfatik dan mengujikannya pada manusia.

Referensi:

Brian W. Wong,dkk. The role of fatty acid β-oxidation in lymphangiogenesis. Nature, 2016; DOI: 10.1038/nature21028

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *