Konsultasi Obat

Konsultasi Obat oleh Mahirsyah Wellyan TWH, S.Si., Apt., MSc (Praktisi Farmasi Klinik di RSUP Dr Kariadi Semarang).

Ini adalah halaman konsultasi obat dari situs Farmakoterapi.com, silakan berkonsultasi dengan kami mengenai obat yang Anda gunakan. Untuk bertanya, silakan mengisi kolom di bawah ini

Obat diperlukan untuk mengatasi kondisi penyakit, namun obat dapat menjadi sesuatu yang membahayakan bila Anda tidak mengetahui indikasi, aturan pakai, efek samping, serta tata cara penyimpanannya.

Terdapat beberapa metode yang sangat baik untuk diterapkan mengenai keamanan menggunakan obat, yaitu:

  • Jangan segan untuk bertanya sebelum Anda meninggalkan ruangan dokter atau apotek.
  • Pastikan Anda paham aturan pakai obat sebelum meninggalkan apotek. Jangan segan untuk bertanya kepada apoteker mengenai aturan pakai obat tersebut.
  • Pahami potensi efek samping yang mungkin terjadi bila menggunakan obat tersebut. Hal ini akan membuat Anda menjadi waspada akan efek samping obat.
  • Tidak semua obat aman digunakan oleh bayi dan anak-anak. Bila Anda akan memberikan obat untuk anak Anda, pastikan bahwa obatnya aman dan dosisnya sesuai.
  • Bila Anda sedang hamil, pastikan bahwa obat yang Anda gunakan tidak merugikan Anda dan janin.
  • Bila Anda menggunakan banyak obat sekaligus, misalnya lebih dari 3 macam jenis obat sekali minum, maka Anda rentan terhadap bahaya interaksi obat. Untuk meminimalkan bahaya interaksi obat, Anda sebaiknya memeriksa interaksinya dengan bertanya kepada apoteker, atau dengan mengunjungi www.medscape.com kemudian cek interaksi obatnya di bagian “drug interaction checker”.
  • Jangan menggunakan obat keras tanpa resep dokter.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa obat, jangan menyatukan obat yang sudah kadaluarsa dengan obat baru. Obat yang sudah kadaluarsa harus segera dibuang.
  • Perhatikan jadwal minum obat.
  • Jangan mengubah dosis sebelum berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda.

Untuk membantu Anda apabila mengalami kendala dalam obat-obatan, kami membuka Konsultasi Obat ini dan kami berusaha menjawab pertanyaan Anda sesegera mungkin. Untuk bertanya, silakan mengisi kolom di bawah ini.

330 thoughts on “Konsultasi Obat

  • November 2, 2017 at 7:27 pm
    Permalink

    Assalammualaikum pak. Sy mau tanya. Utk ibu hamil penderita diabetes bolehkan suntik insulin tp minum provolat & vitamin hemafort. Klo boleh apakah ada jarak waktu dr setelah suntik insulin utk minum obatnya

    Reply
    • November 3, 2017 at 8:07 am
      Permalink

      Wa’alaikumsalam wrwb. Insulin aman bila diberikan bersamaan dengan Profolat dan Hemafort, tidak perlu diberi jeda waktu.

      Reply
  • November 5, 2017 at 2:52 am
    Permalink

    Asslamu’alaikum. saya wanita hamil yang mempunyai riwayat bronchitis, dan usia kandungan saya saat ini 15w penyakit saya sering kambuh, bahkan setelah habis obat kambuh kembali dan sangat mengganggu terutama saat malam hari. apa yang harus saya lakukan agar penyakit saya tidak kambuh kembali?
    obat yang saya konsumsi : dexamethasone, trisela, salbutamol(bila sesak), ambroxol. apakah aman untuk perkembangan janin saya?

    Reply
    • November 5, 2017 at 8:50 am
      Permalink

      Wa’aalaikumsalam wrwb. Dari semua obat yang anda sebutkan, ada beberapa obat yang tidak aman untuk digunakan wanita hamil, yaitu Dexamethasone, Cetirizine (merk Trisela), dan Salbutamol. Saran saya sebaiknya dihindari dulu penggunaan obat ini selama masa kehamilan, namun bila tidak bisa dihindari maka gunakan seperlunya saja dalam jangka waktu singkat. Penyakit yang kambuh kembali disebabkan mungkin karena penegakkan diagnosis yang kurang tepat, hal ini berimbas pada pemilihan obat yang kurang tepat pula, sehingga penyakit tidak tertangani dengan baik. Selain itu, kekambuhan juga bisa disebabkan oleh karena paparan terhadap penyebab/pencetus bronkhitis, misalnya debu. Saran saya sebaiknya Anda menemui dokter spesialis paru untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Demikian jawaban saya, semoga membantu.

      Reply
  • November 10, 2017 at 7:23 pm
    Permalink

    Assalamualaikum,
    Saya mau tanya apakah minum obat wasir haemogal dengan obat lansoprazole dengan jeda waktu 1 jam ada efek sampingnya?.

    Reply
    • November 12, 2017 at 11:13 am
      Permalink

      Wa’alaikumsalam wrwb. Haemogal sebaiknya diminum setelah makan untuk mengurangi efek samping pada saluran cerna, sedangkan lansoprazole digunakan setengah jam sebelum makan.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *