Konsultasi Obat

Konsultasi Obat oleh Mahirsyah Wellyan TWH, S.Si., Apt., MSc (Praktisi Farmasi Klinik di RSUP Dr Kariadi Semarang).

Ini adalah halaman konsultasi obat dari situs Farmakoterapi.com, silakan berkonsultasi dengan kami mengenai obat yang Anda gunakan. Untuk bertanya, silakan mengisi kolom di bawah ini

Obat diperlukan untuk mengatasi kondisi penyakit, namun obat dapat menjadi sesuatu yang membahayakan bila Anda tidak mengetahui indikasi, aturan pakai, efek samping, serta tata cara penyimpanannya.

Terdapat beberapa metode yang sangat baik untuk diterapkan mengenai keamanan menggunakan obat, yaitu:

  • Jangan segan untuk bertanya sebelum Anda meninggalkan ruangan dokter atau apotek.
  • Pastikan Anda paham aturan pakai obat sebelum meninggalkan apotek. Jangan segan untuk bertanya kepada apoteker mengenai aturan pakai obat tersebut.
  • Pahami potensi efek samping yang mungkin terjadi bila menggunakan obat tersebut. Hal ini akan membuat Anda menjadi waspada akan efek samping obat.
  • Tidak semua obat aman digunakan oleh bayi dan anak-anak. Bila Anda akan memberikan obat untuk anak Anda, pastikan bahwa obatnya aman dan dosisnya sesuai.
  • Bila Anda sedang hamil, pastikan bahwa obat yang Anda gunakan tidak merugikan Anda dan janin.
  • Bila Anda menggunakan banyak obat sekaligus, misalnya lebih dari 3 macam jenis obat sekali minum, maka Anda rentan terhadap bahaya interaksi obat. Untuk meminimalkan bahaya interaksi obat, Anda sebaiknya memeriksa interaksinya dengan bertanya kepada apoteker, atau dengan mengunjungi www.medscape.com kemudian cek interaksi obatnya di bagian “drug interaction checker”.
  • Jangan menggunakan obat keras tanpa resep dokter.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa obat, jangan menyatukan obat yang sudah kadaluarsa dengan obat baru. Obat yang sudah kadaluarsa harus segera dibuang.
  • Perhatikan jadwal minum obat.
  • Jangan mengubah dosis sebelum berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda.

Untuk membantu Anda apabila mengalami kendala dalam obat-obatan, kami membuka Konsultasi Obat ini dan kami berusaha menjawab pertanyaan Anda sesegera mungkin. Untuk bertanya, silakan mengisi kolom di bawah ini.

408 thoughts on “Konsultasi Obat

  • Maret 31, 2018 at 6:07 pm
    Permalink

    Saya ingin bertanya, resep obat asma dengan komposisi Kodein, Estin, Metil prednisolon, Teosal dan Dain cap dtd, apakah aman untuk ibu menyusui? Apakah efek samping jantung berdebar, dan berhalusinasi masih dalam kategori aman?. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    Reply
    • April 1, 2018 at 8:46 pm
      Permalink

      Semua obat yang anda sebutkan tersebut pada dasarnya boleh digunakan oleh ibu menyusui, asalkan diperoleh dengan resep dokter. Mengapa demikian? Karena sebelum meresepkan, dokter sudah terlebih dahulu memepertimbangkan risiko dan manfaat yang akan diterima pasien. Jadi anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Perihal efek samping jantung berdebar dan halusinasi, sepertinya memang bukan jenis efek samping yang ringan. Bila anda merasa tidak nyaman dengan efek samping tersebut, maka anda dapat menghentikan dulu penggunaan obatnya atau kurangi dosisnya menjadi separuh dosis. Biasanya obat yang menimbulkan jantung berdebar adalah Teosal, sedangkan Codein ada potensi menyebabkan halusinasi. Jangan lupa untuk kontrol kembali ke dokter agar pengobatannya tepat. Demikian saran saya, semoga membantu.

      Reply
  • April 3, 2018 at 2:58 pm
    Permalink

    Saya pus yg sedang promil ingin bertanya, siklus menstruasi saya setelah menikah tidak teratur, dalam sebulan bisa 2 sampai 3 kali menstruasi. Lalu saya periksa ke dr spog usg rahim normal dan diberi obat regumen 2×1 dan ovacare 1×1, dan darah keluar lagi ketika saya telat minum obat regumen, pertanyaan saya apakah saya harus beli obat regumen lagi ketika obat sudah habis tapi darah masih terus keluar? Apakah saya bisa promil dalam keadaan seperti ini?

    Reply
    • April 6, 2018 at 9:57 am
      Permalink

      Obat tersebut dapat Anda teruskan, namun sebaiknya konsul ulang dengan dokter spog untuk memastikan bahwa penggunaan obat sudah sesuai kebutuhan Anda. Kemungkinan hamil maaih tetap ada, untuk itu saya sarankan Anda agar rutin kontrol ke dr spog.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *