Konsultasi Obat

Konsultasi Obat oleh Mahirsyah Wellyan TWH, S.Si., Apt., MSc (Praktisi Farmasi Klinik di RSUP Dr Kariadi Semarang).

Ini adalah halaman konsultasi obat dari situs Farmakoterapi.com, silakan berkonsultasi dengan kami mengenai obat yang Anda gunakan. Untuk bertanya, silakan mengisi kolom di bawah ini

Obat diperlukan untuk mengatasi kondisi penyakit, namun obat dapat menjadi sesuatu yang membahayakan bila Anda tidak mengetahui indikasi, aturan pakai, efek samping, serta tata cara penyimpanannya.

Terdapat beberapa metode yang sangat baik untuk diterapkan mengenai keamanan menggunakan obat, yaitu:

  • Jangan segan untuk bertanya sebelum Anda meninggalkan ruangan dokter atau apotek.
  • Pastikan Anda paham aturan pakai obat sebelum meninggalkan apotek. Jangan segan untuk bertanya kepada apoteker mengenai aturan pakai obat tersebut.
  • Pahami potensi efek samping yang mungkin terjadi bila menggunakan obat tersebut. Hal ini akan membuat Anda menjadi waspada akan efek samping obat.
  • Tidak semua obat aman digunakan oleh bayi dan anak-anak. Bila Anda akan memberikan obat untuk anak Anda, pastikan bahwa obatnya aman dan dosisnya sesuai.
  • Bila Anda sedang hamil, pastikan bahwa obat yang Anda gunakan tidak merugikan Anda dan janin.
  • Bila Anda menggunakan banyak obat sekaligus, misalnya lebih dari 3 macam jenis obat sekali minum, maka Anda rentan terhadap bahaya interaksi obat. Untuk meminimalkan bahaya interaksi obat, Anda sebaiknya memeriksa interaksinya dengan bertanya kepada apoteker, atau dengan mengunjungi www.medscape.com kemudian cek interaksi obatnya di bagian “drug interaction checker”.
  • Jangan menggunakan obat keras tanpa resep dokter.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa obat, jangan menyatukan obat yang sudah kadaluarsa dengan obat baru. Obat yang sudah kadaluarsa harus segera dibuang.
  • Perhatikan jadwal minum obat.
  • Jangan mengubah dosis sebelum berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda.

Untuk membantu Anda apabila mengalami kendala dalam obat-obatan, kami membuka Konsultasi Obat ini dan kami berusaha menjawab pertanyaan Anda sesegera mungkin. Untuk bertanya, silakan mengisi kolom di bawah ini.

573 thoughts on “Konsultasi Obat

  • November 14, 2019 at 11:00 am
    Permalink

    Saya sudah menderita cacar air sejak selasa kemaren. Saya hanya meminum larutan dan paracetamol untuk mengatasi demam yang ditimbulkan oleh cacar. Tapi sejak tadi malam, cacar air nya semakin parah, seluruh tubuh saya dipenuhi lenting berisi air sampai ke vagina. Hari ini Saya membeli acyclovir untuk mengurangi penyebaran cacarnya. Tapi saya bingung bagaimana resep minumnya jika bersama paracetamol? Karena saya setiap 3-4 jam akan demam, dan perlu minum paracetamol dan larutan.

    Reply
    • November 15, 2019 at 2:25 pm
      Permalink

      Asiklovir dapat digunakan bersamaan dengan Parasetamol, tanpa perlu diberi jeda waktu. Sebaiknya Anda periksa ke dokter agar mendapat pengobatan yang lebih tepat.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *