Konsultasi Obat

Konsultasi Obat oleh Mahirsyah Wellyan TWH, S.Si., Apt., MSc (Praktisi Farmasi Klinik di RSUP Dr Kariadi Semarang).

Ini adalah halaman konsultasi obat dari situs Farmakoterapi.com, silakan berkonsultasi dengan kami mengenai obat yang Anda gunakan. Untuk bertanya, silakan mengisi kolom di bawah ini

Obat diperlukan untuk mengatasi kondisi penyakit, namun obat dapat menjadi sesuatu yang membahayakan bila Anda tidak mengetahui indikasi, aturan pakai, efek samping, serta tata cara penyimpanannya.

Terdapat beberapa metode yang sangat baik untuk diterapkan mengenai keamanan menggunakan obat, yaitu:

  • Jangan segan untuk bertanya sebelum Anda meninggalkan ruangan dokter atau apotek.
  • Pastikan Anda paham aturan pakai obat sebelum meninggalkan apotek. Jangan segan untuk bertanya kepada apoteker mengenai aturan pakai obat tersebut.
  • Pahami potensi efek samping yang mungkin terjadi bila menggunakan obat tersebut. Hal ini akan membuat Anda menjadi waspada akan efek samping obat.
  • Tidak semua obat aman digunakan oleh bayi dan anak-anak. Bila Anda akan memberikan obat untuk anak Anda, pastikan bahwa obatnya aman dan dosisnya sesuai.
  • Bila Anda sedang hamil, pastikan bahwa obat yang Anda gunakan tidak merugikan Anda dan janin.
  • Bila Anda menggunakan banyak obat sekaligus, misalnya lebih dari 3 macam jenis obat sekali minum, maka Anda rentan terhadap bahaya interaksi obat. Untuk meminimalkan bahaya interaksi obat, Anda sebaiknya memeriksa interaksinya dengan bertanya kepada apoteker, atau dengan mengunjungi www.medscape.com kemudian cek interaksi obatnya di bagian “drug interaction checker”.
  • Jangan menggunakan obat keras tanpa resep dokter.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa obat, jangan menyatukan obat yang sudah kadaluarsa dengan obat baru. Obat yang sudah kadaluarsa harus segera dibuang.
  • Perhatikan jadwal minum obat.
  • Jangan mengubah dosis sebelum berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda.

Untuk membantu Anda apabila mengalami kendala dalam obat-obatan, kami membuka Konsultasi Obat ini dan kami berusaha menjawab pertanyaan Anda sesegera mungkin. Untuk bertanya, silakan mengisi kolom di bawah ini.

571 thoughts on “Konsultasi Obat

  • Juni 29, 2019 at 12:19 am
    Permalink

    Saya mau tanya , apa boleh minum neurobion forte 5000 barsamaan dengan methycobalt 500 ? Utk ostearthritis dan jg syaraf kejepit lumbar 3,4,5,s1? Krn sepanjang panggul,betis sampai mata kaki sakit sekali jg kaku spt ada papan setrum yg narik2 syarafnya. Saya jg minum arthrodar wkt malam. Makasih

    Reply
    • Juli 6, 2019 at 1:26 pm
      Permalink

      Di dalam Neurobion forte sudah terdapat vitamin B12, yang merupakan kandungan dari Methycobalt 500, sehingga akan lebih baik bila digunakan salah satu saja agar tidak duplikasi.

      Reply
  • Juli 6, 2019 at 8:35 am
    Permalink

    Maaf mau tanya , kalau obat untuk menghilangkan kegelisahan dan insomnia obat apa ya ? Dan bagaimana cara saya mendapatkannya? Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Juli 6, 2019 at 1:28 pm
      Permalink

      Kegelisahan dan insomnia dapat diatasi dengan penggunaan obat antidepresan, misalnya Alprazolam, namun untuk mendapatkannya Anda harus memeriksakan diri ke dokter agar terhindar dari pengobatan yang tidak tepat.

      Reply
  • Juli 7, 2019 at 6:27 pm
    Permalink

    Saya mau tanya, saya mimum obat racikan (isinya acetaminophen 400mg, tradosik 400mg, ericaf 1mg, deazepon 2mg, sonim 100mg, mf cap did no. XXX), obat lapraz, ranitidin, dan nerva plus dari dokter saraf. Lalu dari dokter spesialis dalam truvas 20mg, lipanthyl supra 160, glucophage XR 500 mg. Saya sakit saraf terjepit, gula tinggi, dan kolestrol. Akhir-akhir ini saya sering mual, apa karena minum obat yang banyak atau karena apa? Saya juga sudah berobat ke dokter saraf selama 12 tahun dan terus diberi obat. Kalau tidak minum obat dokter saraf, kepala sampai leher saya sakit. Kira-kira minun obat terlalu lama menimbulkan kecanduan? Menurut anda bagaimana baiknya? Terima kasih

    Reply
    • Agustus 10, 2019 at 10:36 am
      Permalink

      Obat yang Anda gunakan tersebut semuanya bermanfaat untuk Anda, tidak ada yang merugikan. Efek samping merupakan hal yang kadang terjadi pada seseorang, tidak bisa dihindari namun dapat diminimalkan efeknya. Saran saya, agar Anda tetap rutin kontrol dan tetap gunakan obat sesuai petunjuk dokter.

      Reply
  • Agustus 7, 2019 at 7:19 pm
    Permalink

    Apakah org sakit jantung tidak blh minum obat batuk sejenis dmp gg dkk?

    Reply
    • Agustus 10, 2019 at 10:33 am
      Permalink

      Tidak ada larangan untuk orang yang terkena masalah pada jantung mengkonsumsi obat batuk tersebut, asalkan diperoleh bedasarkan resep dari dokter.

      Reply
  • Agustus 23, 2019 at 7:42 am
    Permalink

    Ingin bertanya, saya penderita darah tinggi sekitar 25 tahun. Tetapi, dalam 3 tahun belakangan ini tidak pernah kambuh. Ini karena saya membatasi konsumsi makanan minuman (diet) yang sering menyebabkan tensi naik. Saya menjalani ini atas saran seorang dokter.

    Yang ingin saya tanyakan, bolehkah saya menghentikan konsumsi obat penurun darah tinggi? Atau berhenti sementara, dan lain kali minum lagi sehingga terhindar dari efek samping? Terima kasih atas tanggapannya.

    Reply
    • September 1, 2019 at 4:58 pm
      Permalink

      Saya sarankan agar konsumsi obat penurun darah tinggi tetap dilanjutkan sesuai saran dokter, ada beberapa mekanisme dari obat-obatan tersebut yang membuat tekanan darah Anda menjadi terkendali seperti saat ini, bila penggunaannya dihentikan maka dapat berpotensi menaikkan kembali tekanan darah. Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *