Konsultasi Obat

Konsultasi Obat oleh Mahirsyah Wellyan TWH, S.Si., Apt., MSc (Praktisi Farmasi Klinik di RSUP Dr Kariadi Semarang).

Ini adalah halaman konsultasi obat dari situs Farmakoterapi.com, silakan berkonsultasi dengan kami mengenai obat yang Anda gunakan. Untuk bertanya, silakan mengisi kolom di bawah ini

Obat diperlukan untuk mengatasi kondisi penyakit, namun obat dapat menjadi sesuatu yang membahayakan bila Anda tidak mengetahui indikasi, aturan pakai, efek samping, serta tata cara penyimpanannya.

Terdapat beberapa metode yang sangat baik untuk diterapkan mengenai keamanan menggunakan obat, yaitu:

  • Jangan segan untuk bertanya sebelum Anda meninggalkan ruangan dokter atau apotek.
  • Pastikan Anda paham aturan pakai obat sebelum meninggalkan apotek. Jangan segan untuk bertanya kepada apoteker mengenai aturan pakai obat tersebut.
  • Pahami potensi efek samping yang mungkin terjadi bila menggunakan obat tersebut. Hal ini akan membuat Anda menjadi waspada akan efek samping obat.
  • Tidak semua obat aman digunakan oleh bayi dan anak-anak. Bila Anda akan memberikan obat untuk anak Anda, pastikan bahwa obatnya aman dan dosisnya sesuai.
  • Bila Anda sedang hamil, pastikan bahwa obat yang Anda gunakan tidak merugikan Anda dan janin.
  • Bila Anda menggunakan banyak obat sekaligus, misalnya lebih dari 3 macam jenis obat sekali minum, maka Anda rentan terhadap bahaya interaksi obat. Untuk meminimalkan bahaya interaksi obat, Anda sebaiknya memeriksa interaksinya dengan bertanya kepada apoteker, atau dengan mengunjungi www.medscape.com kemudian cek interaksi obatnya di bagian “drug interaction checker”.
  • Jangan menggunakan obat keras tanpa resep dokter.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa obat, jangan menyatukan obat yang sudah kadaluarsa dengan obat baru. Obat yang sudah kadaluarsa harus segera dibuang.
  • Perhatikan jadwal minum obat.
  • Jangan mengubah dosis sebelum berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda.

Untuk membantu Anda apabila mengalami kendala dalam obat-obatan, kami membuka Konsultasi Obat ini dan kami berusaha menjawab pertanyaan Anda sesegera mungkin. Untuk bertanya, silakan mengisi kolom di bawah ini.

537 thoughts on “Konsultasi Obat

  • Desember 26, 2018 at 8:00 am
    Permalink

    Mau tanya, apakah boleh mengkonsumsi amlodipine dan lameson4 bersamaan? Lalu utk mengobati alergi dengan lameson4 berapa dosisnya. Saya pria umur 41 tinggi 160 berat 70kg

    Reply
    • Desember 27, 2018 at 2:34 pm
      Permalink

      Kedua obat tersebut boleh digunakan bersamaan. Dosis Lameson (metilprednisolon) untuk alergi adalah 4 mg tiap 12 jam (pagi dan malam).

      Reply
  • Januari 2, 2019 at 7:47 pm
    Permalink

    Sy mau tanya apakah Buscopan plus bisa untuk menghilangkan nyeri pada penderita maag.terima kasih

    Reply
    • Januari 6, 2019 at 9:36 pm
      Permalink

      Buscopan Plus berisi hyoscine dan parasetamol. Sebenarnya obat ini digunakan sebagai obat untuk relaksasi otot, mengurangi kejang penyebab nyeri pada area pencernaan. Hyoscine juga punya sifat mengurangi sekresi asam lambung penyebab keluhan lambung. Jadi kesimpulannya obat ini dapat meringankan gejala maag, meskipum bukan obat pilihan pertama. Saya sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelumnya.

      Reply
  • Januari 3, 2019 at 8:19 am
    Permalink

    Halo ingin menanyakan, saya sudah telat datang bulan 2 minggu, sudah test menggunakan test pack 4 kalo dan hasilnya negative semua, karna saya takut akan terjadi kenapa napa dengan saya, saya minum renodiol 2x dalam 2 hari, ini sudah hari ke 3 setelah minum obat tp belum juga datang bulan.. apakah efek dr obat itu sendiri yg bisa di bilang cukup lama, atau sudah waktunya saya harus cek ke dokter? Terimakasih

    Reply
    • Januari 6, 2019 at 9:46 pm
      Permalink

      Renodiol berisi Methylestrenolone 5 mg dan methylestradiol 0.3 mg. Obat ini digunakan utk mengatasi amenore sekunder. Menstruasi pada umumnya akan terjadi antara 3-6 hari kemudian, bahkan ada yg sampai 15 hari (tergantung kondisi). Saya sarankan agar kontrol ke dokter agar mendapat terapi yang tepat.

      Reply
  • Januari 11, 2019 at 5:08 pm
    Permalink

    Apakah obat nutriflam boleh di berikan kepada pasien menderita Aritmia. Terima kasih

    Reply
    • Januari 11, 2019 at 5:53 pm
      Permalink

      Nutriflam tidak memiliki efek samping pada sistem jantung dan pembuluh darah. Pada umumnya obat ini bisa digunakan tanpa menimbulkan efek samping yang berarti. Potensi efek sampingnya bisa berupa ruam, kemerahan, dan gatal pada kulit, pembengkakan pada wajah, bibir, mata, dan saluran nafas.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *