Khusus bagi yang Terlalu Kurus: Daftar Makanan Penambah Berat Badan

Advertisement

Memiliki berat badan yang rendah mungkin menjadi impian sebagian besar orang yang kegemukan, namun hal ini tidak berlaku bagi beberapa orang yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Kadangkala mereka merasa rendah diri untuk bergaul dengan orang lain karena postur tubuhnya yang “kurang berdaging”. Berikut ini adalah makanan tambahan yang dapat diberikan untuk membantu meningkatkan berat badan bagi orang yang terlalu kurus:

1. Nasi
Setiap 100 gram nasi berisi 130 kalori. Nasi cepat diserap oleh tubuh, sehingga menyediakan asupan energi yang diperlukan dalam waktu segera.

2. Selai Kacang
Setiap satu sendok makan selai kacang mengandung energi sebesar 90 kalori, 4 gram protein, dan 3 gram karbohidrat. Selai kacang juga berisi lemak jenuh, sehingga jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena kurang baik bagi jantung.

3. Ikan Tuna
Ikan tuna mengandung banyak protein serta minyak esensial yang diperlukan tubuh. Jenis ikan yang mudah ditemui ini dapat disajikan dalam berbagai pilihan olahan masakan, bila dijadikan lauk bersama nasi maka efek menggemukannya akan semakin terasa.

4. Susu
Satu gelas susu berisi sekitar 150 kalori dan 8 gram protein. Susu mudah untuk dibuat dan dapat dijadikan menu harian untuk menambah berat badan.

5. Alpukat
Buah alpukat yang berukuran sedang mengandung 320 kalori dan 29 gram lemak. Lemak yang terkandung di dalam buah alpukat merupakan lemak jenuh, sehingga ada baiknya untuk membatasi asupan alpukat agar tidak belebihan. Lemak jenuh tidak baik bagi tubuh.

6. Telur
Telur merupakan makanan penambah berat badan yang mudah ditemui. Satu butir telur mengandung energi sebesar 75 kalori, juga terdapat 5 gram lemak dan 6 gram protein. Selain itu telur juga kaya akan vitamin B12.

7. Coklat Hitam
Camilan yang lezat ini berisi 500 kalori tiap 100 gramnya, juga terdapat kandungan antioksidan yang cukup besar. Selain itu di dalam coklat hitam terdapat kandungan enzim khusus yang dapat meningkatkan mood. Kandungan gula dan lemak jenuhnya membuat coklat hitam sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan.

8. Keju
Setiap 100 gram keju mengandung energi sebesar 400 kalori dan hampir 100 % kebutuhan lemak jenuh harian. Keju dapat diolah menjadi berbagai camilan lezat, sehingga menjadikannya makanan penambah berat badan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *