Kapankah Waktu Paling Tepat Minum Vitamin?

Advertisement

Banyak orang minum vitamin dan suplemen makanan lainnya untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu prima. Namun efektivitas vitamin dapat dipengaruhi oleh kapan dan bagaimana seseorang meminumnya. Waktu, makanan, dan asupan cairan memiliki pengaruh positif maupun negatif terhadap kinerja vitamin di dalam tubuh. Artikel berikut ini akan mengulas tatacara minum vitamin supaya memberikan hasil yang lebih baik.

Vitamin B

Vitamin ini digunakan untuk menjaga level energi tubuh dan mengurangi stres. Terdapat 8 jenis vitamin B, yakni tiamin, riboflavin, vitamin B6, niasin, biotin, vitamin B12, asam folat, dan asam pantotenat. Kesemua vitamin B ini dapat diminum bersamaan. Waktu terbaik untuk minum vitamin B adalah pada pagi hari setelah bangun tidur. Vitamin ini diminum dalam kondisi perut kosong untuk membantu penyerapannya di saluran pencernaan. Minum vitamin B dapat membuat tubuh lebih segar, sehingga bila diminum pada malam hari akan membuat orang sukar tidur.

Vitamin Larut Air

Vitamin ini tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh, sehingga harus diperoleh dari makanan dan suplemen makanan. Vitamin C dan sebagian besar vitamin B adalah contoh vitamin yang larut air. Vitamin C aman digunakan dalam dosis yang dianjurkan. Tubuh tidak bisa menyimpan vitamin C, sehingga idealnya vitamin ini harus diperoleh setiap hari dengan dosis yang wajar.

Vitamin Larut Lemak

Vitamin larut lemak diperlukan tubuh dalam jumlah yang kecil. Minum vitamin larut lemak dalam dosis tinggi dapat membahayakan tubuh. Vitamin A,D,E, dan K adalah jenis vitamin larut lemak. Tubuh menyimpannya di hati dan jaringan lemak. Disarankan untuk tidak sering minum suplemen makanan yang mengandung vitamin larut lemak karena ada efek akumulasi di dalam tubuh. Secara normal, kebutuhan vitamin ini tercukupi oleh pola makan sehat.

Referensi:

http://extension.colostate.edu/topic-areas/nutrition-food-safety-health/fat-soluble-vitamins-a-d-e-and-k-9-315/

2 thoughts on “Kapankah Waktu Paling Tepat Minum Vitamin?

  • Oktober 12, 2017 at 10:16 pm
    Permalink

    Bagaimana cara minumnya jika vitamin2 trsbt trgabung dlm 1 suplemen?

    Reply
    • Oktober 15, 2017 at 9:54 pm
      Permalink

      Minumnya pada pagi hari.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *