Inilah Penyebab Kematian Terkait Penyakit di Seluruh Dunia

Advertisement

Sebuah penelitian baru mengenai kesehatan global yang diterbitkan di jurnal The Lancet dan dibiayai oleh Bill & Melinda Gates Foundation telah berhasil mengidentifikasi beberapa faktor kunci terkait kematian di usia muda akibat penyakit di seluruh dunia, yakni tekanan darah tinggi, pola makan yang buruk, dan penggunaan rokok. Data ini diperoleh dari proyek besar yang dinamakan Global Burden of Disease (GBD). Penelitian ini mengumpulkan informasi perihal kematian yang berasal dari setiap negara di dunia.

Kabar baik yang juga disimpulkan dari penelitian ini ialah usia harapan hidup manusia semakin panjang dan menjadi lebih baik, dengan kata lain masyarakat di dunia menjadi lebih sehat, namun proses ini berlangsung dengan tidak seimbang. Orang hidup lebih lama, namun memiliki lebih banyak penyakit. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, angka kematian anak berumur kurang dari 5 tahun mengalami penurunan. Usia harapan hidup meningkat menjadi 75,3 tahun bagi wanita dan 69,8 tahun bagi wanita.

Penyakit infeksi mengalami penurunan sejak tahun 1990, namun lebih dari 72 % kematian pada tahun 2016 disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, diabetes, penyakit paru, dan penyakit Alzheimer’s. Tingkat kejadian penyakit Alzheimer’s diperkirakan akan mengalami peningkatan dalam beberapa tahun ke depan.

Aspek mengejutkan dari penelitian ini ialah penelitian ini dapat menunjuk faktor risiko seperti merokok dan pola makan yang berkaitan dengan semua jenis gangguan kesehatan, misalnya obesitas, penyakit jantung iskemik, stroke, dan kanker. Meskipun makanan berkadar gula tinggi dan daging merah dianggap tidak sehat, namun masalah yang lebih besar adalah malnutrisi. Faktor lingkungan seperti kualitas udara yang buruk juga berperan penting bagi perkembangan penyakit kanker dan PPOK (penyakit paru obstruktif kronik). Ke depannya, para ilmuwan juga berencana untuk meneliti pengaruh perubahan iklim terhadap kesehatan secara global.

Referensi:

Lancet, T., 2017. Life, death, and disability in 2016. The Lancet, 390: 1083.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *