Inilah Keuntungan Mengkonsumsi Ikan untuk Anak

Apakah anak anda gemar mengkonsumsi menu ikan? Bila iya, maka anak anda akan memiliki kecerdasan yang relatif lebih tinggi dibanding teman-teman sebayanya yang tidak suka makan ikan. Fakta menarik ini diungkapkan oleh tim ilmuwan dari University of Pennsylvania yang hasil penelitiannya dipublikasikan di jurnal Scientific Report. Sebenarnya sudah ada beberapa penelitian lainnya yang telah dilakukan dan menemukan kaitan antara omega 3, yakni sejenis asam lemak yang terkandung pada ikan, dengan meningkatnya kecerdasan. Penelitian baru ini, selain mengkonfirmasi kebenaran penelitian sebelumnya, juga berhasil menemukan hal baru bahwa pola makan yang banyak mengandung menu ikan juga bisa memperbaiki pola tidur. Diduga pola tidur yang baik bisa meningkatkan kecerdasan.

Guna melakukan penelitian ini, tim ilmuwan mengambil data secara kohort dengan jumlah sampel sebanyak 541 anak berusia 9-11 tahun di China. Responden diminta untuk mengisi kuisioner tentang seberapa sering mereka mengkonsumsi ikan. Skala dimulai dengan “tidak pernah” hingga “paling tidak seminggu sekali” makan ikan. Selain itu responden juga dites kecerdasannya menggunakan Wechsler Intelligence Scale for Children-Revised yang menganalisis kemampuan verbal dan non verbal. Orang tua si anak juga diberi beberapa pertanyaan mengenai kualitas tidur anaknya menggunakan Children Sleep Habits Questionnaire yang berisi topik tentang durasi tidur dan seberapa sering anak terbangun di malam hari.

Setelah menganalisis data, tim ilmuwan menemukan bahwa anak yang makan ikan paling tidak seminggu sekali memiliki nilai IQ 4,8 poin lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang jarang atau tidak pernah makan ikan. Anak yang sesekali makan ikan memiliki skor IQ lebih tinggi sebesar 3,3 poin dibandingkan dengan anak yang tidak pernah atau jarang makan ikan. Seringnya makan ikan juga dikaitkan dengan menurunnya gangguan tidur pada anak. Kurangnya tidur telah dihubungkan dengan berbagai masalah, misalnya perilaku antisosial dan kecerdasan rendah. Jadi, mulai sekarang latihlah anak anda agar menyukai menu ikan.

Referensi:

Jianghong Liu, Ying Cui, Linda Li, Lezhou Wu, Alexandra Hanlon, Jennifer Pinto-Martin, Adrian Raine, Joseph R. Hibbeln. The mediating role of sleep in the fish consumption – cognitive functioning relationship: a cohort study. Scientific Reports, 2017; 7 (1) DOI: 10.1038/s41598-017-17520-w

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *