Inilah Caranya Agar Statin Bisa Digunakan Melawan Kanker Ovarium

Advertisement

Sebuah penelitian baru telah menunjukkan bagaimana metode yang tepat agar obat golongan statin bisa digunakan secara efektif dalam terapi kanker ovarium. Beberapa penelitian di laboratorium menggunakan binatang percobaan menunjukkan bahwa statin dapat digunakan untuk melawan kanker, namun ketika dicobakan pada manusia ternyata hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Kini tim ilmuwan menemukan penjelasan mengenai hal ini dan merekomendasikan rancangan penelitian yang disempurnakan guna mengadakan pecobaan klinik selanjutnya.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Scientific Report tersebut mengidentifikasi bahwa statin tertentu, yakni pitavastatin, cocok secara unik untuk mentargetkan sel kanker ovarium. Pitavastatin memiliki waktu paruh panjang yang memungkinkannya untuk secara konstan menghambat pertumbuhan sel tumor). Namun diet dapat mengurangi efektivitas obat ini. Makanan yang banyak mengandung senyawa geranilgeraniol terbukti dapat mengurangi efektivitas pitavastatin dalam melawan kanker.

Senyawa geranilgeraniol terdapat pada beberapa makanan, misalnya minyak bunga matahari dan beberapa jenis nasi. Statin melawan kanker dengan cara menghambat sel kanker untuk membuat geranilgeraniol. Dari temuan ini, tim ilmuwan merekomendasikan agar subjek penelitian klinik selanjutnya harus membatasi asupan geranilgeraniol agar hasil penelitiannya bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Referensi:

Wolf, E. de, Abdullah, M.I., Jones, S.M., Menezes, K., Moss, D.M., Drijfhout, F.P., dkk., 2017. Dietary geranylgeraniol can limit the activity of pitavastatin as a potential treatment for drug-resistant ovarian cancer. Scientific Reports, 7: 5410.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *